Beranda News Budaya Lomba Penulisan Cagar Budaya Sumbar, Riau, dan Kepri

Lomba Penulisan Cagar Budaya Sumbar, Riau, dan Kepri

56
BERBAGI
Sebaran cagar budaya Kota Padang (dokfosil73.wordpress.com)
Sebaran cagar budaya Kota Padang (dokfosil73.wordpress.com)

TERASLAMPUNG.COM — Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau sebagai instansi yang bergerak dalam pelestarian cagar budaya di Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau kembali mengadakan Lomba Penulisan Cagar Budaya (LPCB) Tahun 2014.

Lomba ini dilaksanakan untuk tingkat regional (Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau). Kegiatan LPCB tahun 2014 merupakan lanjutan dari kegiatan sejenis yang dilakukan pada tahun 2013, yang pada saat itu masih tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau, Drs. Fitra Arda,M.Hum, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan dan menumbuh-kembangkan kesadaran masyarakat terhadap cagar budaya serta dapat berperan aktif dalam upaya pelestarian cagar budaya, disamping itu juga untuk mengetahui pendapat masyarakat tentang cagar budaya di Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Selain itu informasi dari masyarakat juga menjadi bahan masukan bagi Pemerintah khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelestarian cagar budaya.

Panitia Lomba Penulisan Cagar Budaya (LPCB) Tahun 2014, Yusfa Hendra Bahar, SS, menerangkan bahwa Lomba Penulisan Cagar Budaya ini bertema “Pelestarian Cagar Budaya di Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.”

Menurut Yusfa Hendra Bahar, materi tulisan berisi informasi tentang cagar budaya atau diduga sebagai cagar budaya yang berada di Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau, serta ditulis dalam bentuk artikel atau feature dengan jumlah halaman minimal 6 halaman dan maksimal 10 halaman.

Setiap peserta lomba diperbolehkan mengirim tulisan lebih dari 1 tulisan. Tulisan dapat dikirim melalui email dan pos yang dialamatkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau Jalan Sultan Alam Bagagarsyah, Batusangkar, Sumatera Barat, 27281.

Lomba dengan total hadiah sekitar 20 Juta-an ini akan diumumkan secara resmi pada bulan April 2014, dengan rentang waktu pelaksanaan dari bulan April s.d Juli 2014. Sesudah batas akhir penerimaan tulisan, Panitia LPCB akan memanggil 10 finalis atau 10 tulisan terbaik, untuk mempresentasikan tulisan yang dikirimkan dihadapan dewan juri.

Setelah presentasi, dewan juri akan langsung mengumumkan hasil atau pemenang LPCB Tahun 2014. Untuk dewan juri LPCB Tahun 2014 berasal dari pelestari cagar budaya, akademisi, dan wartawan. Sedangkan peserta LPCB bersifat umum. (rls)