Beranda Ruwa Jurai Metro Lomba PKK-Kesehatan 2016, Tim Provinsi Nilai Kelurahan Rejomulyo

Lomba PKK-Kesehatan 2016, Tim Provinsi Nilai Kelurahan Rejomulyo

345
BERBAGI
Penilaian lomba PKK 2016 di Kelurahan Rejomulyo, Metro.

TERASLAMPUNG.COM — Tim BKKBN Lampung melakukan penilaian di Kelurahan Rejomulyo, Metro Selatan, dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Kegiatan PKK Tahun 2016 untuk Tingkat Provinsi, (14/12/2016).

“Mudah-mudahan dari hasil penilaian ini kita bisa terus melaju ke Tingkat Nasional,” kata Heriyati Pairin, Ketua TP-PKK Kota Metro.

Heriyati mengatakan Kelurahan Rejomulyo yang mewakili Kota Metro optimis dapat melaju ke Tingkat Nasional.

“Kita telah mendapat Pakarti Utama I untuk UP2K, dan posyandu mendapatkan Pakarti III, tentu dengan semua yang pernah kita hasilkan akan terus kita pertahankan dan kita akan terus usahankan untuk mendapat hasil yang lebih baik,” katanya.

Kelurahan Rejomulyo merupakan Kelurahan yang memperoleh Juara 1 Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes dan Lomba Kegiatan PKK di Tingkat Kota Metro. Untuk itu Kelurahan Rejomulyo terpilih menjadi perwakilan Kota Metro untuk Penilaian ke Tingkat Provinsi.

Adapun rincian kegiatan pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kes diantaranya untuk Kegiatan PKK meliputi pembinaan administrasi PKK, pembinaan dan pengembangan dasa wisma, melaksanakan penyuluhan sosialisasi dan pelatihan guna peningkatan wawasan kader, melaksanakan kegiatan sosial, adanya kebun kolektif.

Untuk Kegiatan Keluarga Berencana meliputi penuluhan tentang pemilihan/penentuan kontrasepsi yang tepat dan tata cara penggunaan kotrasepsi, pembinaan pada kelompok BKB, BKR, BKL, PIK-R yang terintegrasi dengan posyandu, pembinaan kelompok UPPKS, pelayanan KB, peningkatan cakupan layanan KB.

Kegiatan Kesehatan dan Lingkungan meliputi pembinaan, sosialisasi, penyuluhan, pelatihan pada kader posyandu, PKK, PHBS dan Kesling, pembinaan percontohan rumah sehat, pembinaan pada Poskeskel, peningkatan cakupan layanan kesehatan, memasyarakatkan tentang Toga & manfaat Toga, menghasilkan/mengeluarkan dan mensosialisasikan produk-produk hukum Walikota Metro berupa Perda, Perwali, Surat Keputusan, Surat Edaran, Himbauan terkait masalah kesehatan. Serta ditunjang dengan kegiatan lain berupa adanya KWT berupa pembibitan, adanya pengelolaan sampah untuk keperluan masyarakat dan pembuatan pupuk cair untuk keperluan masyarakat.

Wakil Walikota Metro, Djohan, sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan Lomba Kesrak tersebut, dengan harapan Tim Penilai Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Provinsi dapat memberikan masukan dan bimbingan didalam penilaian sehingga kegiatan Kesrak PKK-KB-Kes di Kota Metro pada masa yang akan datang akan lebih baik lagi.

“Kami harap Tim Penilai dari Provinsi dapat memberikan masukan dan bimbingan pada saat penilaian agar kedepan kegiatan Kesrak PKK-KB-Kes di Kota Metro dapat menjadi lebih baik lagi, dan kami siap untuk memperbaiki dan memberikan yang terbaik untuk Kota Metro dan Provinsi Lampung pada umumnya”, ungkapnya.

“Sebagaimana peserta lomba tentu kita berharap dapat meraih yang terbaik, tetapi kesemuanya itu kami serahkan sepenuhnya kepada Tim Penilai untuk menentukannya. Dan melalui lomba ini diharapkan dapat memotivasi kita semua untuk senantiasa meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pada masa yang akan datang”, tutup Djohan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Metro bersama dengan Ketua GOW Kota Metro, Kepala BKKBN Provinsi Lampung, Tim Penilai Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Provinsi Lampung, Wakil Walikota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Sekda Kota Metro, perwakilan Fokorpimda Kota Metro, dan Ketua DWP Kota Metro menyerahkan hadiah dan memberikan ucapan selamat kepada penerima Pakarti Utama I tingkat Kota untuk UP2K, serta kepada penerima hadiah dari Lomba Pengembangan Diversifikasi Pangan Masyarakat Penerima P2KP Tahap Pengembangan Kota Metro tahun 2016.