Beranda Teras Berita Longsor Timbun 2 Rumah di Bandung Barat

Longsor Timbun 2 Rumah di Bandung Barat

49
BERBAGI

Zaenal Muttaqien/Teraslampung.Com

ilustrasi Longsor (googel)

Bandung—Dua rumah di Kampung Babakan Bandung, Desa Ranjamandala, Kecamatan
Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (01/03) malam jebol diterjang longsor dari tebing setinggi 12 meter akibat hujan lebat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun seorang bocah hampir saja menjadi korban karena sempat tertimbun longsor.

Longsor yang menimpa Kampung Babakan Bandung ini merupakan pertma kali. Peristiwa itu terjadi Sabtu  malam, saat hujan lebat yang berlangsung hampir semalaman. Saat kejadian, warga yang sedang menonton TV mendengar suara gemuruh, dan tiba-tiba dingding rumah jebol tertimbun tanah setinggi hampir satu meter.

Rumah terparah yang dihantam longsoran tersebut adalah milik Teti. Hampir separuh dingding rumahnya jebol dan seisi rumah porak-poranda.

Tebing setinggi 12 meter dengan panjang hampir 30 meter tersebut masih mengancam puluhan rumah yang ada di bawahnya. Sebab kondisi tebing sudah mengkhawatirkan, dan terdapat retakan memanjang. Besar kemungkinan tebing tersebut bisa kembali terjadi longsor.

Kini warga bersama-sama membersihkan tanah bekas longsoran, Bahkan, untuk membersihkan, warga terpaksa menggunakan mesin pompa air karena tanah yang menimbun rumah kondisinya mulai keras dan lengket.

Rencananya warga akan membuat borojong, dan berharap hujan tidak turun  sehingga tanah di tebing tersebut tidak kembali longsor.(isb)