Beranda Politik Pemilu 2014 LSI dan Rakata Institute Siapkan ‘Quick Count’ Pemilu 2014 dan Pilgub...

LSI dan Rakata Institute Siapkan ‘Quick Count’ Pemilu 2014 dan Pilgub Lampung

593
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Lembaga Survey—Rakata Institute dan Lingkar Survey Indonesia (LSI)—mulai melakukan berbagai persiapan pemantauan pemilu di Lampung, Rabu (9/4).

Raka Institute, misalnya, pada Selasa (8/4), telah menerjunkan ratusan relawan ke sejumjal titik survey di seluruh Provinsi Lampung. Sedangkan Lembaga LSI juga menyatakan telah menempatkan 50 relawannya di setiap kabupaten dan kota.

Menurut Direktur Eksekutif  Rakata Institute Eko Kuswanto, pihaknya telah menurunkan sedikitnya 268 relawan untuk bertugas di 268 TPS yang terdistribusi secara proporsional se Provinsi Lampung.

“Metode survey yang dugunakan adalah startified random sampling dengan mempertimbangkan kepadatan jumlah pemilih di setiap kabupaten kota,” kata dia di Bandarlampung, Selasa (8/4).

Selain itu, jelas Eko, Rakata Institute juga telah menyiagakan 30 relawan untuk melakukan tabulasi data survey di pusat data yang akan dilaksanakan di Hotel Bukit Randu, Bandarlampung.

Dalam survey  kali ini, masih kata Eko Kuswanto, lembaganya akan melakukan tiga tahapan penghitungan yaitu exit pool dengan melakukan survey terhadap pemilih setelah melakukan pencoblosan di TPS.

“Tabulasi hasil survey serta verifikasi data hasil survey relawan di lapangan,” jelansya.

Menurut Eko, Rakata Institute akan melakukan survey dan hitungan cepat terhadap perolehan suara parpol di daerah pemilihan Lampung (Dapil) 1 dan 2, perolehan suara calon legislatif LDPR-RI Dapil Lampung 1, perolehan suara calon legislatif DPR-RI Dapil Lampung 2, dan perolehan suara calon anggota DPD RI asal Provinsi Lampung.

Eko Kuswanto menambahkan, Rakata Institute juga akan tetap melakukan pemantauan terhadap perolehan suara pemilihan kepala daerah lampung (Pilkada), dengan meng gunakan metode prediksi  exit pool, dimana hasil perolehan suara masing-masing kandidat calon gubernur dapat diperidiksi siapa yang unggul.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga LSI Bagus Andiansyah mengatakan, lembaga ini bertugas melakukan pengawasan terhadap proses pelaksaan Pileg maupun Pilgub. “Sedikitnya 650 relawan telah kami tempatkan di setiap kabupaten dan kota di Lampung,” kanya.

Menurut Bagus, pada Pileg dan Pilgub kali LSI tidak melakukan quick count, namun hanya survei atau jejak pendapat dan pengawasan. “LSI akan bekerja sama dengan Polda Lampung dan Panwas setempat untuk melaporkan adanya tindak pidana pemilu,” kata Bagus Andi.

Hasil survey ataupun pengawasan, lanjut Bagus, akan dilaporkan ke KPU Provinsi Lampung, paling lambat 15 hari setelah pengumuman hasil suirvey.

Loading...