Luncurkan ‘Campus Garden’, Unila Lakukan Konservasi Anggrek

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Universitas Lampung (Unila)eluncurkan Campus Garden dengan tema “Konservasi Anggrek Spesies untuk Mendukung GreenMetric dan SDGs 13 dan 15”, Jumat pagi, 11 Juni 2021.

Peluncuran yang dilakukan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., itu merupakan bagian dari upaya Unila dalam meningkatkan GreenMetric yang sudah dilakukan sejak tahun 2020.

Acara peluncuran diselenggarakan Jumat pagi, 11 Juni 2021, disaksikan pula secara online melalui zoom.

sep mengatakan sebelumnya Unila telah melakukan berbagai kegiatan seperti konservasi rusa, pengelolaan embung, membentuk badan pengelola sanitasi air dan air baku, serta berbagai kebijakan terkait peningkatan GreenMetric.

Prof. Asep turut menyampaikan apresiasi dan rasa kagumnya terhadap konservasi eksitu untuk beberapa spesies anggrek di Laboratorium Ilmu Tanaman oleh Prof. Dr. Ir. Yusnita Said beserta tim dari Fakultas Pertanian Unila.

Ia pun mendorong agar nama Unila bisa masuk pada Royal Horticultural Society (RHS) London yang merupakan organisasi pendaftaran anggrek dunia untuk hibrida dan spesies agar makin lebih banyak penemu anggrek yang tercatat dari Indonesia.

“Dan nanti ke depan, bersama ketua GreenMetric Ibu Riri, kita bisa merangkul Indonesia untuk melakukan workshop konservasi anggrek. Ini tantangan untuk Prof. Yusni. Saya harap tahun ini bisa terlaksana karena kami ingin Unila bisa lebih terkenal dan masuk 10 besar,” ucapnya sebelum melakukan peresmian secara simbolis dengan menerbangkan sepasang merpati.

Ketua Unila Campus Garden, Dr. Elida Purba, melaporkan kegiatan konservasi anggrek merupakan aksi gerakan kecil sebagai wujud peduli dan cinta lingkungan sekaligus dukungan terhadap GreenMetric.

Konservasi anggrek spesies merupakan inisiasi yang ia dan lima orang lainnya yang tergabung dalam Unila Orchid Lovers (UOL) yaitu UOL Prof. Yusnita Said, Dr. Eng. Dewi Agustina, Widiarti, S.Si,, M.Si., Dr. Nuning Nurcahyani, dan Dr. Sri Hidayati,

Peluncuran Unila Campus Garden menurut Dr. Elida bertujuan untuk menciptakan well being bagi semua pengunjung Unila serta dapat menekan laju emisi rumah kaca.

Campus Garden juga mendukung pemeringkatan GreenMetric Unila serta tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin 13 yakni penanganan perubahan iklim (Climate Action) dan poin 15 yaitu, menjaga ekosistem darat.

“Saya sebagai ketua panitia berterima kasih sekali kepada tim SDGs dan warek 2 khususnya, mendorong kegiatan ini dilakukan. Ayo kita lakukan, kita anggrekkan Unila, kita Unilakan anggrek. Terima kasih, Prof,” ujarnya.

Peluncuran Unila Campus Garden merupakan puncak dari rangkaian acara yang telah dilakukan sebelumnya yakni sosialisasi kegiatan konservasi anggrek pada 1 Mei 2021 dilanjutkan peresmian penanaman anggrek perdana yang dimulai dari Fakultas Teknik Unila pada 22 Mei 2021 bertepatan dengan Biodiversity International Day.

Kedua acara tersebut dengan dukungan pendanaan “Hibah Unggulan Pengabdian Masyarakat Unila 2021” telah berhasil menanam 700 tanaman anggrek terdiri dari 17 spesies yang sebagian berasal dari sumbangan masyarakat dan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Cabang Provinsi Lampung.

Campus Garden merupakan ruang terbuka yang bukan sekadar taman yang dibangun sebagai tempat relaksasi, namun juga merupakan “model taman” yang dibuat sebagai salah satu bukti untuk upaya konservasi tanaman langka terutama anggrek-anggrek spesies yang terancam punah.

Pada acara peluncuran Unila Campus Garden ini, 100 tanaman anggrek spesies seperti Phalaenopsis amabilis, Rhyconthilis retusa, dan Vanda var suavis secara simbolis akan ditanam oleh rektor, wakil rektor (I, II, III, dan IV), para dekan, direktur pascasarjana, ketua Darma Wanita Persatuan Unila, serta ketua SDGs Unila.

Peluncuran Unila Campus Garden turut didukung SDG’s Center Unila yang diketuai Dr. Unang Mulkhan S.A.B., M.B.A., Ph.D., dihadiri jajaran pimpinan dan struktural di Unila, Chairman GreenMetric Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., SMIEEE, ACG., Chairperson of UI GreenMetric, Ketua PAI Lampung Mamiyani, S.E., M.M., dan pengurus atau anggota PAI Lampung.

  • Bagikan