M.Agung Cakra Negara Dilantik sebagai Anggota DPRD Lampura Pekan Ini

  • Bagikan
M. Agung Cakranegara
M. Agung Cakranegara

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi-Muhammad Agung Cakra Negara‎ akan segera menggantikan posisi almarhum Edi Sarnobi sebagai anggota DPRD Lampung Utara dari Partai Demokrat. Kehadiran putra mantan Wakil Gubernur Lampung itu akan membuat komposisi Fraksi PD lengkap usai kepergian almarhum.

Pelaksana Tugas Sekretaris DPRD Lampung Utara, M. Salahuddin HS mengatakan, prosesi pelantikan M. Agung Cakra Negara akan dilakukan dalam sidang paripurna di gedung DPRD Lampung Utara pada Jumat (2/6/2021). Dasar pelantikan sendiri adalah surat keputusan Gubernur dan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung.

“Pelantikannya akan dilakukan di ruang sidang paripurna,” kata dia, Rabu (2/6/2021).

Ketiga surat yang menjadi ‎dasar pelantikan‎ itu adalah surat keputusan Gubernur Lampung nomor : G/336/B.01/HK/2021 tanggal 18 Juni 2021 tentang pemberhentian anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 atas nama Edi Sarnobi dan Keputusan Gubernur Lampung nomor : G/337/B.01/HK/2021 tanggal 18 Juni 2021 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 atas nama Muhammad Agung Cakra Negara, dan Surat dari Sekretaris Daerah Provinsi Lampung pada 22 Juni lalu.

“‎Surat – surat itu kami terima sekitar sepekan yang lalu,” jelas dia, Rabu (30/6/2021).

Ia mengatakan, dalam surat terakhir yang ditujukan pada Bupati Lampung Utara, pihaknya diminta untuk memfasilitasi pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji peresmian pengangkatan Pengganti Antar Waktu DPRD Lampung Utara masa jabatan 2019-2024. Selain itu, mereka juga untuk melaporkan pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji pada Gubernur Lampung.

“Setelah ditetapkan jadwal pelantikannya, sekretariat segera mempersiapkan segala yang dibutuhkan dalam prosesi tersebut,” terangnya.

Di tempat berbeda, Kepala Bagian Risalah Sekretariat DPRD Lampung Utara, Hidayatullah, ketiga surat itu kemudian ditindaklanjuti oleh anggota DPRD melalui rapat Badan Musyawarah belum lama ini. Hasilnya, pelantikan M. Agung CN ditetapkan pada Jumat mendatang.

“‎Yang mengambil sumpah dan melantik beliau adalah pak Ketua DPRD Lampung Utara, ‎Romli,” kata dia.

Edi Sarnobi, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Lampung‎ Utara meninggal dunia, Sabtu pagi (13/3/2021).‎ Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Urip Sumoharjo Bandarlampung. Kepergian almarhum hanya berselang sekitar dua atau tiga pekan dari kepulangan anak dan istrinya.‎

Almarhum berasal dari Desa Gedungnegara, Kecamatan Hulungsungkai. Ia terpilih sebagai anggota legislatif Lampung Utara untuk periode 2019-2024. Almarhum Edi Sarnobi maju dalam Pemilihan Legislatif Lampung Utara dari Daerah Pemilihan IV.

  • Bagikan