Beranda Teras Berita Maestro Tari Dedy Luthan Meninggal Dunia

Maestro Tari Dedy Luthan Meninggal Dunia

433
BERBAGI
Dedy Luthan (saat sakit) bersama Yanusa Nugroho (foto: dok)

Jakarta, Teraslampung.com—Kabarduka datang dari dunia tari Indonesia. Maestro Dedy Luthan menghembuskan nafas terakhirnya, Kamis (10/7) pukul 16.00, karena penyakit yang dideritanya.

Kabar ini diiyakan oleh humas ‘Dedy Luthan Dance Company’, Ega Nandita. “Iya benar wafat tadi. Mohon doanya yah, maafin salah-salah kata atau perbuatan Pak Dedy,” ujarnya yang dilansir detikHOT.

Dedy meninggal dunia sekira pukul 16.00 WIB di kediamannya Jalan H.Mursyid nomor 4, Gang Kelapa RT 04 RW 0-4, Kebagusan, Jakarta Selatan.

Kabar duka itu juga langsung terdengar oleh seluruh kerabat dan sahabatnya, termasuk di ranah dunia maya. Timeline facebook dari istri Dedy Luthan, Elly D.Luthan banjir ucapan duka, salah satunya dari seniman Melati Suryodarmo.

“Selamat jalan Pak Dedy. Rest in peace. Nderek bela sungkawa, Bu Elly D. Luthan, semoga Bu Elly sekeluarga mendapatkan ketabahan, kekuatan dan keikhlasan. Kirim doa dari Solo, Melati dan Halim,” begitu tulisnya.

Di laman facebook cerpenis Yanusa Nugroho juga dibanjiri ucapan duka dari rekan-rekannya, di antara wartawan senior Kompas Kenndi Nurhan.

Selama ini diketahui Yanusa Nugroho sangat dekat dengan keluarga Dedy Luthan-Elly D. Luthan. Selain isteri cerpenis ini adalah penari dan satu sanggar dengan Elly D. Luthan, kekerabatan Yanusa dengan keluarga almarhum amat erat.

Pertengahan Desember 2013 lalu, ‘Dedi Lutan Dance Company’ baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-23. Bahkan Dedi ikut menari di atas panggung Gedung Kesenian Jakarta (GKJ).

Bahkan bulan Mei lalu, bertempat di Kebun Raya Bogor, Dedy Lutan juga menampilkan tarian ‘Hutan Pasir Sunyi’. Karya tari ini mengangkat kehidupan masyarakat Kalimantan dalam menghadapi kerusakan alam yang berpengaruh dalam kehidupan mereka sehari-hari. (isb)

Loading...