Beranda Pendidikan Mahasiswa KKN UMY Bantu UMKM di Lamteng Kembangkan Pemasaran Digital

Mahasiswa KKN UMY Bantu UMKM di Lamteng Kembangkan Pemasaran Digital

261
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 183 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Yang menjadi mitra dampingan adalah UMKM Keripik Pisang Nuhaqu Lampung yang bergerak di bidang pangan khususnya olahan pisang. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

Seperti yang kita ketahui bersama Pandemi Covid-19 yang berlangsung telah mempengaruhi berbagai sektor di Indonesia salah satunya sektor ekonomi. Di sektor ekonomi UMKM menjadi salah satu faktor yang banyak memberi berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Di tengah pandemi ini UMKM mengalami kesulitan dalam hal pemasaran mengingat kebanyakan dari mereka melakukan pemasaran secara konvensional, jika hal ini tetap berlangsung maka tidak menutup kemungkinan UMKM akan mengalami gulung tikar. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan pemasaran secara digital namun yang menjadi permasalahan adalah kurangnya pengetahuan tentang digital marketing menjadi hambatan utama yang dihadapi UMKM. Melihat permasalahan ini UMY menyelenggarakan KKN bertema “Pemberdayaan UMKM melalui digital marketing”.

KKN ini adalah sebagai salah satu wujud implementasi catur darma perguruan tinggi UMY dalam bentuk pengabdian masyarakat.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk memberdayakan UMKM Keripik Pisang Nuhaqu Lampung melalui digital marketing,” jelas Ravian, ketua tim KKN 183 pada Rabu (26/8/2020).

Ravian menambahkan bahwa target utama dari KKN ini adalah untuk mengembangkan UMKM melalui digital marketing sehingga UMKM dapat berjalan optimal walau ditengah pandemi seperti sekarang ini. Dalam menjalankan kegiatan KKN 183 didampingi oleh Dr. Drg. Dwi Aji Nugroho, MDSc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ada 6 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. UMKM Keripik Pisang Nuhaqu yang menjadi mitra dampingan setiap harinya memproduksi keripik pisang dalam berbagai aneka rasa dengan menggunakan pisang kapok sebagai bahan baku utama dalam pembuatan keripik.

Diharapkan dengan adanya KKN ini, dapat memajukan UMKM Nuhaqu khususnya dibidang pemasaran digital yang tentunya dapat meningkatkan penjualan secara optimal dan dapat menjangkau lebih luas lagi dalam pemasaran produknya.

Untuk mencapai hal tersebut, tim KKN 183 UMY melakukan penyuluhan dan pelatihan digital marketing dengan tujuan agar UMKM yang didampingi paham tata cara melakukan pemasaran online melalui Instagram dan Shopee dengan maksimal.

“Kami melakukan penyuluhan dan pelatihan digital marketing diikuti dengan praktik langsung cara menggunakan aplikasi Instagram dan Shopee, selain itu kami juga memberikan penyuluhan protokol kesehatan untuk mengedukasi pemilik ,karyawan UMKM akan pentingnya penerapan protokol kesehatan selama kegiatan produksi setiap harinya” tegas Ravian.