Beranda Pendidikan Mahasiswa KKN Unila Bangun Perpustakaan di Rawajitu Utara

Mahasiswa KKN Unila Bangun Perpustakaan di Rawajitu Utara

469
BERBAGI

TERASLAMPUNG — Mahasiswa KKN Unila Periode 1 Tahun 2020 telah mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Rawajitu Utara dalam pengadaan Perpustakaan Kecamatan. Peresmian Perpustakaan Kecamatan Rawajitu utara akan diadakan pada Senin, 10 Februari 2020 di Kantor Kecamatan Rawajitu Utara.

“Kegiatan ini merupakan penerapan Tridarma Perguruan Tinggi. Kami selaku mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk membantu masyarakat agar anak-anak usia sekolah di Rawajitu suka membaca dan pendidikan menjadi lebih baik,” kata Fadli Adam Karim, mahasiswa Unila jurusan Akuntansi yang menjadi ketua pelaksana pengadaan perpustakaan, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Adam, dengan adanya perpustakaan diharapkan para pelajar maupun masyarakat umum di Rawajitu Utara bisa menambah wawasan.

“Tentu setelah mereka berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku koleksi,” katanya.

Mahasiswa KKN Unila dalam pengadaan perpustakaan kecamatan tersebut bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Rawajitu Utara didukung  Bupati Mesuji melalui Dinas Perpustakaan Kabupaten Mesuji.

Perpustakaan tersebut dibuat dengan mengalihfungsikan gedung aula kecamatan sebagai gedung perpustakaan.

Para mahasiswa KKN bersama masyarakat melakukan renovasi gedung, menyiapkan rak-rak buku, meja baca, serta mengumpulkan buku dari para penyumbang.

“Kami membuat akun media sosial instagram @hima_seru. Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin menghibahkan bukunya bisa melalui kontak yang tercantum di akun media sosial tersebut,” katanya.

Sementara itu Camat Rawajitu Utara, Samijo, mengatakan adanya perpustaaan akan membuat kantor kecamatan berperan sebagai sumber ilmu, inovasi, dan inspirasi.

“Kami sangat mendukung karena Kantor Camat Rawajitu Utara itu kan milik masyarakat juga.  Masyarakat tidak perlu canggung untuk datang ke perpustakaan,” kata Samijo.

Sekretaris Badan Pelaksana KKN Unila, Suparman Arif, mengatakan pihaknya mendukung program pengadaan perpustakaan tersebut.

Menurut Suparman, yang dilakukan mahasiswa KKN itu merupakan wujud penerapan tri darma perguruan tinggi.

“Mahasiswa harus bisa bermanfaat bagi masyarakat, Kami mengapresiasi para mahasiswa yang ikut berperan dalam pengadaan perpustakaan di Kecamatan Rawajitu Utara,” kata dia.

 

Loading...