Beranda News Internasional Mahmoud Abbas Tolak Delegasi Kongres Amerika Serikat

Mahmoud Abbas Tolak Delegasi Kongres Amerika Serikat

823
BERBAGI
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto Anadolu Agency)

TERASLAMPUNG.COM — Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak kunjungan delegasi anggota kongres AS pada Maret untuk memprotes keputusan AS merelokasi kedutaan Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, media Israel melaporkan Jumat lalu (1/6/2018).

Menurut harian Israel Haaretz, keputusan Abbas itu membuat anggota delegasi AS terkejut. Sebab, mereka berharap untuk mendengar suara Palestina soal kebijakan regional Presiden AS Donald Trump.

“Abbas menolak bertemu delegasi itu meskipun dia tahu mereka [berasal dari partai] Demokrat dan kritikus Trump yang vokal,” Haaretz mengutip ucapan seorang pejabat Palestina.

Pejabat itu, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan Abbas ingin mengirim pesan bahwa terlepas kritik Demokrat terhadap Trump, mereka telah gagal menentang keputusan pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Delegasi beranggotakan 11 orang itu dipimpin oleh House Minority Leader Nancy Pelosi, mengunjungi Israel dan Yordania serta mengadakan pertemuan panjang dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem dan Raja Yordania Abdullah II di Amman.

Ketegangan meningkat di wilayah Palestina sejak Desember lalu, ketika Trump mengumumkan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pada 14 Mei, setidaknya 65 demonstran Palestina menjadi martir oleh tembakan tentara Israel di Jalur Gaza timur.

Terakhir, pada Jumat lalu waktu setempat (1/6/2018),, seorang perempuan perawat Palestina bernama Razan Ashraf Najjar, 21 tahun, s ditembak mati oleh pasukan Israel ketika mengobati para demonstran yang terluka di Khan Yunis.

TL/Anadolu

Loading...