Beranda Politik Maju di Pilgub Jatim, Khofifah Segera Ajukan Pengunduran Diri sebagai Mensos

Maju di Pilgub Jatim, Khofifah Segera Ajukan Pengunduran Diri sebagai Mensos

254
BERBAGI
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa membagikan kaki dan tangan palsu dalama cara peringatan Hari Kesetiawakanan Sosial di Lampung Selatan, 16 Mei 2016.

TERASLAMPUNG.COM — Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilgub Jawa Timur 2018. Ia mengaku akan segera mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo terkait Pilkada Jawa Timur 2018. Surat itu akan dikirim setelah Khofifah mendapat dukungan resmi dari partai Golkar.

“Saya akan segera menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Presiden, bahwa dari beberapa partai pengusung yang sudah memberikan rekomendasi tertulis sudah bisa dijadikan prasyarat mendaftar ke KPUD,” kata Khofifah di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Selain Partai Golkar, Khofifah telah mengantongi dukungan dari partai Demokrat untuk maju di Pilgub Jawa Timur bersama Bupati Trenggalek Emil Dardak.

Dengan adanya dukungan dua partai itu, berarti Khofifah sudah memenuhi syarat untuk maju pada Pilgub Jatim. Sebab, Partai Golkar memiliki 11 kursi di DPRD Jatim, sedangkan Partai Demokrat 13 kursi. Syarat maju sebagai cagub-cawagub Jatim pada Pilgub Jatim 2018 adalah dukungan dari partai atau gabungan partai dengan total kursi di DPRD sebanyak 20.

“Saya akan menyampaikan pemberitahuan tertulis (kepada Presiden) supaya terkonfirmasi,” kata Khofifah.

Selain Demokrat dan Golkar, masih ada sejumlah partai yang kemungkinan mendukung Khofifah, yaitu Partai Nasdem, Hanura, dan PPP. Namun ketiga partai itu belum menyerahkan surat rekomendasi resmi kepada keduanya.

Jika Khofifah benar-benar maju pada Pilgub Jatim 2018, maka ia akan bersaing dengan sesama tokoh NU yang pada 2014 lalu bertarung di Pilgub Jatim, yakni Syaifullah Yusuf. Saat itu, pasangan Soekarwo – Syaifullah Yusuf memenangi Pilgub Jatim.

Pada Pilgub 2018, Syaifullah Yusuf maju sebagai cagub dengan perahu PKB dan PDIP.

Loading...