Maju Sebagai Calon Ketua PWI Lampung, Herman Batin Mangku Silaturahmi dengan Forwako

  • Bagikan
Herman Batin Mangku bersilaturahmi dengan para wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Kota (Forwako) Bandarlampung, Senin (15/11/2021).

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Bakal calon ketua PWI Lampung Hermansyah atau Herman Batin Mangku (HBM) terus melakukan sosialisasi pencalonan dirinya dan menyampaikan visi-misinya  kepada para wartawan. Kali ini, dia bersilaturahmi dengan Forum Wartawan Kota (Forwako) Bandarlampung.

Sebelumnya, HBM memperkenalkan diri ke PWI Pesawaran, Ikatan Jurnalis Pemprov Lampung, dan para senior wartawan dan pengurus PWI Lampung angkatan tahun ’70, ’80, dan ’90-an.

Para wartawan yang tergabung dengan komunitas tersebut menyambut gembira silaturahminya. “Kami merasa terhormat sudah mau datang ke tempat ngumpulnya wartawan kota,” ujar Jefri di Sekretariat Forwako, Senin (15/11/2021).

HBM yang akrab disapa Pak Ho mengungkapkan niatnya ingin mengikuti kontestasi pemilihan ketua PWI Provinsi Lampung pada Konferensi Wilayah (Konferwil)  PWI Lampung, Desember 2021 mendatang. Dalam suasana penuh keakraban, dia meminta doa dan dukungannya.

Selain itu, pimpinan umum Lampung.Poskota.co.id juga mengajak dialog. Para wartawan mempertanyakan soal isu upeti yang tengah hot menjelang Konforwil PWI Lampung.

Herman dengan santai menjawab tergantung sudut mana melihatnya. “Jika memang diperlukan, agar terang benderang, bentuk panitia khusus (pansus) yang independen untuk menyelusurinya,” katanya.

Ada juga yang mempertanyakan adanya sekat-sekat di PWI Lampung, antara yang senior dengan yang muda. Menurut pecipta karikatur Pak Ho dan Pak De di SKH Lampung Post itu tidak ada sekat-sekat.

“Tidak ada pemisah antara yang senior dan junior, semuanya sama, sama-sama ingin membesarkan PWI Lampung,” katanya.

Dia bahkan ingin merangkul semua kalangan wartawan, terutama yang bernaung di PWI Lampung.

Aat, jurnalis TV yang juga Ketua Forwako mempertanyakan seandainya ada anggota PWI Lampung yang tertimpa masalah hukum apakah langsung dibela atau menunggu dulu.

Dengan lugas, dijawabnya, secepatnya disikapi dengan langkah-langkah yanv objektif dan terukur. “PWI Lampung memiliki bagian yang terkait dengan persoalan perlindungan hukum terhadap wartawan,” katanya.

Para wartawan yang tergabung dalam Forwako Bandarlampung antusias diskusi dengan Pak Ho, tak cuma terkait PWI, tetapi juga berbagai hal jurnalistik sambil makan siang bersama.

Di antara mereka, ada yang tertarik bergabung dengan PWI Lampung jika Herman Batin Mangku terpilih memimpin wadah wartawan tertua di Indonesia itu.

Ikatan Jurnalis Pemprov

Sebelumnya, HBM bersilaturahmi dengan jurnalis yang biasa liputan di lingkungan Pemprov Lampung di Media Center, Balai Keratun, Pemprov Lampung, Jumat (12/11/2021).

Meskipun sebagian bukan anggota PWI Lampung, namun bagi mantan Redaktur Liputan SKH Lampung Post hal itu merupakan upaya merangkul wartawan dari semua wadah organisasi.

“Saya mohon izin dengan teman-teman semua. Dengan tagline merawat marwah wartawan, saya ingin membuka diri dengan wadah-wadah atau komunitas wartawan serupa untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kita sebagai wartawan,” ujarnya.

Gedung PWI, menurutnya, akan selalu terbuka bagi insan pers yang ingin bergabung maupun berdiskusi. “Apapun wadah profesi kita, PWI milik wartawan, bukan milik sekelompok saja,” katanya.

Dia tidak pernah melihat teman-teman ini dari media mana atau organisasi apa. “Intinya kita harus bersama saling asah dan asuh,” ucapnya.

HBM juga mengaku siap menjalankan profesi jurnalis sesuai dengan koridor apabila dipercaya pimpin PWI Lampung. “Saya akan toleran dan demokratis dalam menyikapi dan memutuskan segala sesuatunya,” katanya.

Dia berharap PWI yang akan datang semakin tegak melangkah dengan martabatnya.

HJ/Rl

  • Bagikan