Makin tak Terkendali, Hari Ini Kasus Covid-19 di Lampung Utara Tambah 21

  • Bagikan
Ilustrasi Virus Corona

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Dalam tiga hari terakhir, laju penyebaran virus Corona 2019 di Lamp‎ung Utara semakin tak terkendali. Buktinya, kembali ditemukan 21 kasus Covid-19 di Lampung Utara pada Selasa (20/4/2021).

‎”Hari ini ada 21 kasus positif yang ditemukan berdasarkan hasil tes swab dari Pemprov Lampung,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Selasa sore.

Ia menuturkan, ke-21 pasien positif kali ini, dua di antaranya ‎merupakan pasien suspek yang meninggal dunia pada 10 dan 14 April lalu. Dengan demikian, kedua pasien yang meninggal itu berstatus positif Covid-19.

Pasien yang meninggal dunia pada 10 April lalu berinisial Wa. Ia beralamatkan di Kelurahan Gapura. Sementara inisial pasien yang meninggal dunia pada 14 April ‎itu adalah Su dari Kelurahan Tanjungaman.

“Baik Wa maupun Su sempat dirawat sebelum meninggal di RSUD HM.Ryacudu,” kata dia.

Adapun inisial dan asal dari ke-19 pasien positif lainnya masing – masing adalah SU (Desa Madukoro baru), FA (Rejosari), TS , ANJ, SA (Kelapatujuh)‎. Kemudian, ZI (Karangwaringin), QRS (Sindangsari), Se (Sribasuki).

Lalu, Ya (Rejosari), EI (Gapura), AS (Cempedak), Su (Tanjungharapan), BM (Kotaalam), Po (Abungjayo), RP (Kalibening Raya), RD (Pagar), FAR (Ajikagungan). Terakhir pasien dengan inisial Sa, serta AY.

Ketika ditanya apa yang menyebabkan kasus Covid-19 meledak dalam beberapa hari terakhir, Dian Mauli mengatakan hal itu dikarenakan tingkat kesadaran dan kepedulian warga yang menurun terhadap pandemi Covid-19.

Penurunan kesadaran itu terlihat jelas dari tidak konsistennya masyarakat dalam ‎menjalankan protokol kesehatan, penolakan protokol kesehatan dalam pemakaman, dan tidak menghindari kerumunan.

‎”Itulah sejumlah penyebab kenaikan kasus belakangan ini,” terangnya.

  • Bagikan