Beranda Seni Musik Malam ini, Erasmus Huis Gelar “Lecture Resital” Karya Bach di Aula PS...

Malam ini, Erasmus Huis Gelar “Lecture Resital” Karya Bach di Aula PS UBL

442
BERBAGI

TERASLAMPUNF.COM — Pusat Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis, akan menggelar pertunjukan lecture recital karya komponis Johann Sebastian Bach di Lantai 5 Aula M, Gedung Pasca Sarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Sabtu malam (28/1/2017). Resital violin dan cello berdurasi 90 menit dan dimulai pada pukul 19.30 ini akan  menampilkan dua musisi muda asal Belanda Joachim Eijlander (Cello) dan Merel Vercammen (Violin).

Menurut panitia pelaksana, Dian Anggraini, pentas yang tergolong langka di Lampung ini akan dipandu Merlijn Kherkov sebagai speaker juga akan mengapresiasikan penampilan Joachim Eijlander dan Merel Vercammen kepada pengunjung.

Pertunjukan resital yang dilaksanakan Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda di Jakarta ini merupakan perjalanan pentas Vercammen dan Eijlander untuk menyelesaikan perkuliahan akhirnya di music klasik.

Karena itu, menurut Dian, penampilan keduanya cukup menarik bagi  penonton yang masih ‘awam’ untuk mengenal musik klasik khususnya karya-karya Bach. Sementara bagi para siswa musik violin dan cello dapat memanfaatkan pertunjukan ini sebagai studi dan apresiasi.

Menurut Dian, karya-karya Bach memang cukup menarik karena diciptakan pada zaman Barok abad ke-1600 hingg 1750, yang mengawali periode klasik. Sebelum era Klasik dan Romantik. Beberapa karya populer Bach antara lain Minuet, Sonata No. 2, juga Chaconne. Di zaman itu belum ditemukan alat musik piano. Era musik Barok juga merupakan tonggak terciptanya musik opera.

“Karena itu sayang jika kita tidak menyaksikan penampilan resital ini. Apa lagi tiket free alias gratis,” ujar Dian yang dikenal sebagai dancer dan tengah ikut menyiapkan produksi pertunjukan keliling Rawa Gambut Teater Potlot . (*)

TL/Rl