Beranda News Internasional Malam Ini Mahathir Mohammad akan Dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia

Malam Ini Mahathir Mohammad akan Dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia

217
BERBAGI
Mahathir Mohammad berada di ruang Istana Negara Malaysia untuk dilantik sebagai Perdana Menteri Maaysia, malam ini pukul 21.30 waktu setempat. (Foto: Bernama)
Mahathir Mohammad berada di ruang Istana Negara Malaysia untuk dilantik sebagai Perdana Menteri Maaysia, malam ini pukul 21.30 waktu setempat. (Foto: Bernama)

TERASLAMPUNG.COM — Mantan Perdana Menteri Malaysia yang juga pempinpin barisan partai oposis, Mahathir Mohammad, dijadwalkan akan dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia, malam ini (10/5/2018) pada pukul 21.30 waktu setempat.

Pria yang memiliki kedekatan dengan mantan Presiden Indonesia, Soeharto, itu akan kembali dilantik sebagai perdana menteri setelah koalisi partai oposisi yang dipimpimpinnya (Pakatan Harapan) yang berkoalisi dengan Partai Keadilan Rakyat pimpiinan Wan Azizah Wan Ismail memenangi Pemiu Malaysia pada Rabu (9/5/2018).

Menurut Kantor Berita Malaysia, Bernama, upacara pelantikan Mahathir Mohammad sebagai Perdana Menteri akan diadakan sebelum Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara sekitar pukul 21.30 waktu setempat.

BACA: Pemilu Malaysia: Pakatan Harapan Menang, Mahathir Mohammad Jadi Perdana Menteri Tertua di Dunia

Ketua Pakatan Harapan, bersama dengan para pemimpin dari tiga partai koalisi lainnya – Datuk Seri Dr Wan Azizah Wan Ismail dari PKR, DAP Lim Guan Eng, dan Mohamed Sabu dari Parti Amanah Negara – terlihat memasuki Istana Negara Malaysia sebelum pukul17.00.

Bernama juga melansir, pada pukul 18.46 waktu Maaysia empat pemimpin Pakatan Harapan selesai bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong.

Namun, sebuah sumber di Istana Malaysia menyebutkan bahwa pertemuan malam ini dengan Raja bukan untuk upacara pelantikan.

“Yang di-Pertuan Agong mengambil kesempatan untuk berbicara dengan para pemimpin. Dia memiliki sesi bertemu secara khusus dengan mereka,” kata sumber itu.

Namun tidak jelas apa masalah yang diangkat dalam pertemuan antara Sultan Muhammad dan presiden ketiga partai.

Soal rencana pelantikan Mahatir Mohammad juga tersiar di halaman Facebook putra Dr Mahathir,  Datuk Seri Mukhriz.

“Setelah lama menunggu. Ayahanda Tun Dr Mahathir mendapat Perkenan untuk mengangkat sumpah sebagai Perdana Menteri Malaysia jam 9.30 malam nanti. Syukur Alhamdullilah (Setelah menunggu lama. Tun Dr Mahathir telah menerima persetujuan untuk dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia di 21:30. Syukur Alhamdulillah) “.

Dalam pemilu kemarin, Pakatan Harapan menang dengan merebut 113 dari 222 kursi parlemen.

Kabar gembira kemenangan Pakatan Harapan itu disambut antusias para pendukunganya.

Pendukung Pakatan Harapan memadati jalan menuju Istana Negara, Kuala Lumpur, Malaysia jelang rencana pelantikan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri.

Mereka berdiri dan melambaikan bendera Pakatan Harapan sepanjang jalan menuju pintu masuk Istana Negara Malaysia.

Arus kendaraan terpantau macet. Banyak pengendara mobil dan motor yang melambatkan kendaraannya serta membunyikan klakson serta melambaikan tangan ke arah para pendukung yang berdiri di pinggir jalan.

Iring-iringan yang disebut membawa Yang di-Pertuan Agong, Sultan Muhammad V dari Kesulatanan Kelantan sendiri terlihat sudah masuk Istana. Warga sempat bertepuk tangan saat iring-iringan kendaraan tersebut masuk.

Sebelumnya, pelantikan Mahathir sempat mengalami penundaan. Namun, Mahathir yang koalisinya memenangkan pemilu Malaysia akan bertemu Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V sore ini. Kemungkinan Mahathir akan diambil sumpahnya sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru dalam pertemuan itu.

Mahathir menjadi Perdana Menteri tertua di dunia yang terpilih di usia 92 tahun. Mahathir juga menjadikan Wan Azizah, anak dari Anwar Ibrahim, sebagai wakilnya.

TL/Dewi Ria Angela