Beranda News Kesehatan Manfaat Daun Sirih Merah dan Buah Strawberry untuk Mencegah Karies Gigi

Manfaat Daun Sirih Merah dan Buah Strawberry untuk Mencegah Karies Gigi

658
BERBAGI
Sirih merah (Kompasiana)

TERASLAMPUNG.COM — Karies merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut pada anak. 70-90% anak Indonesia mengalami karies gigi. Salah satu penyebab terjadinya karies gigi adalah bakteri Staphylococcus Aureus.

Biasanya bakteri ini timbul dikarenakan seringnya anak-anak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, misalnya permen. Sirih memiliki zat antibakteri dan strawberry merupakan salah satu makanan favorit pada anak-anak dengan tampilan warna dan rasa yang menarik. Perlu dilakukan formulasi dan pengujian permen yang mengandung sirih dan strawberry.

Penelitian dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya :
1. Ekstraksi daun sirih dan strawberry serta pengujian ekstrak sirih sebagai antibakteri
2. Pembuatan permen berdasarkan formula dan pengujian antibakteri permen
3. Pengujian tanggapan rasa permen

Telah dikembangkan tiga formula untuk menghasilkan formula yang lezat, dari ketiga formula yang diuji diperoleh satu formula yang dijadikan dasar pembuatan permen yang akan diujikan. Permen yang telah dibuat kemudian diuji pada bakteri Staphylococcus Aureus. Setelah itu, permen diujikan terhadap 10 responden untuk uji tanggap rasa.

Hasil uji ekstrak daun sirih terdapat bakteri Staphylococcus Aureus mendapatkan hasil bahwa ekstrak daun sirih sebesar 100% memiliki panjang diameter penghambatan sebesar 2 cm. Dari uji formulasi didapatkan formula permen gummy yang mengandung 20% ekstrak sirih sudah memenuhi kriteria. Hasil uji anti bakteri permen gummy berdasarkan formula yang telah dipilih menunjukkan kemampuan sebagai anti bakteri dengan rasa dan tampilan yang digemari anak-anak.

Kesimpulannya adalah permen “fragariaornatum gummy” memiliki rasa dan tampilan yang menarik, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

Shandy Fatayatun R.A, Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaKrisis Jiwasraya, SBY: Salahkan Saja Masa Lalu
Artikel berikutnyaDampak Eksploitasi Tambang Timah di Bangka Belitung
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya