Beranda News Kesehatan Manfaat Mandi Air Hangat dan Risiko di Baliknya

Manfaat Mandi Air Hangat dan Risiko di Baliknya

519
BERBAGI
Photo by Carson Masterson on Unsplash

TERASLAMPUNG.COM — Mandi air hangat setelah beraktivitas seharian, bisa menghilangkan stres. Ini tidak mengherankan, pasalnya salah satu manfaat mandi air hangat memang membuat otot tubuh rileks. Begitu pula Jika Anda kesulitan bersantai atau tidur di malam hari, Anda mungkin harus mencoba mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis sehingga Anda terserang kantuk dan tidur pun jadi berkualitas. 

Namun, jika Anda mengalami gangguan tidur dalam jangka panjang, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Mandi air panas memiliki manfaat yang berdampak besar bagi kesehatan tubuh Anda. Ini dia beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa Anda harus mandi air hangat.

Mengurangi Stres

Apabila sedang mengalami hari penuh kesibukan atau tidak sesuai dengan ekspektasi Anda, mandi air hangat mungkin bisa membantu mengurangi stres. 

Sebab, air hangat meningkatkan kadar hormon oksitosin yang mengontrol suasana hati menjadi lebih baik dan menurunkan tingkat stres.

Mengurangi Rasa Cemas

Cemas berlebih dapat menguras mental dan fisik Anda. Perasaan cemas menyebabkan Anda sulit konsentrasi, tidak nyaman dengan diri sendiri, dan memicu gangguan tidur seperti insomnia. 

Meningkatkan suhu tubuh merupakan salah satu obat alami yang efektif untuk mengatasi kecemasan dan stres. Memanaskan suhu tubuh Anda membantu relaksasi otot dan meningkatkan suasana hati. 

Anda bisa pergi ke sauna atau berendam di hot tub untuk mengurangi rasa khawatir yang berlebihan. Tambahkan sedikit minyak aromaterapi ke dalam bak mandi untuk berendam supaya lebih menenangkan pikiran.

Mandi air hangat dapat dilakukan pada pagi hari atau malam hari, karena tidak ada yang salah dengan kedua waktu tersebut. Keputusan kapan sebaiknya Anda mandi air hangat dapat disesuaikan dengan tujuan Anda melakukan mandi itu sendiri.

Membasmi bakteri

Ada banyak jenis bakteri yang tidak bisa hidup pada kenaikan suhu sedang. Itulah sebabnya mengapa Anda harus mandi air hangat, terutama jika Anda merasa sudah terpapar banyak kotoran. 

Air hangat dapat membantu membunuh kuman, sehingga mengurangi kemungkinan infeksi. 

Mandi air hangat juga menjadi ide bagus di kala Anda terluka, karena membantu membunuh bakteri dan meningkatkan sirkulasi di daerah yang terluka, sehingga proses penyembuhan dapat berlangsung lebih cepat.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Mandi air hangat adalah obat penenang alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Setelah mandi menggunakan air hangat, Anda akan merasa lebih mudah mengantuk. 

Setelah beberapa menit tubuh Anda menerima sensasi air hangat, Anda tidak akan kesulitan tidur begitu Anda naik ke tempat tidur. Hal ini dapat terjadi karena tubuh Anda sudah tenang dan rileks.

Alternatif Lain untuk Pemanasan

Setiap kali Anda mulai melakukan latihan fisik yang serius, Anda disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu guna mencegah terjadinya kram otot atau nyeri sendi. 

Tetapi, jika pada suatu kondisi tertentu yang menyebabkan Anda tidak mungkin melakukan pemanasan, Anda bisa mandi air panas sebagai alternatif lain. Hal ini membuktikan bahwa mandi air panas serupa dengan melakukan pemanasan sebelum latihan fisik.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Selain berobat ke dokter, Anda dapat mengurangi masalah tekanan darah tinggi (hipertensi) dengan mandi air hangat. 

Mengapa demikian? Karena Air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini menjadi solusi yang sangat efektif dan mudah dilakukan untuk gangguan kardiovaskular. 

Biarkan air hangat mengalir di tubuh Anda dan biarkan tubuh Anda rileks agar dapat menurunkan tekanan darah. 

Meredakan Sakit dan Nyeri di Tubuh

Jika tubuh Anda terasa sakit atau nyeri, mandi air panas mungkin menjadi solusi yang tepat. Setelah beraktivitas seharian penuh tidak menutup kemungkinan tubuh Anda akan terasa sakit dan mengalami kaku otot, mungkin inilah saat yang tepat untuk mencoba mandi air hangat. 

Mandi air hangat sangat efektif untuk melawan radang sendi dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah, seperti saat Anda sakit kepala atau migrain.

Risiko Mandi Air Hangat Setiap hari

Meski menyimpan banyak keuntungan bagi kesehatan Anda, terlalu lama mandi air hangat dapat membawa efek buruk. Selain itu, ada pula kondisi tubuh tertentu yang tidak cocok jika terkena air hangat. 

Berikut risiko mandi air hangat yang patut Anda waspadai:

  • Mandi air panas dapat membuat kulit Anda kering dan iritasi, karena air panas berisiko menyebabkan kerusakan pada sel-sel keratin yang terletak di lapisan kulit luar Anda, yaitu epidermis. Apabila sel keratin terganggu, kulit Anda akan cenderung kering dengan mengunci kelembaban. 
  • Perlu diperhatikan bahwa mandi air panas dapat memperburuk kondisi tertentu. Temperatur yang lebih tinggi menyebabkan kulit lebih mudah kering dan memperburuk kondisi penyakit kulit seperti eksim. Eksim adalah gangguan kulit dengan gejala kulit kering, muncul ruam merah, dan gatal ketika disentuh. Ada banyak faktor yang memicu eksim. Untuk mengetahui informasi lebih jelas seputar eksim, hubungi dokter.
  • Terlalu lama mandi air hangat bisa membuat tubuh Anda gatal, karena panas yang menyebabkan mastosit atau sel mast melepaskan isinya di kulit dan menyebabkan gatal.
  • Mandi air hangat dapat meningkatkan tekanan darah pada kondisi tubuh tertentu. Misalnya ketika Anda memiliki gangguan tekanan darah tinggi (hipertensi) atau penyakit kardiovaskular, mandi dengan air yang terlalu panas berisko memperburuk kondisi ini. 

Lebih Sehat Mandi Air Panas atau Air Dingin?

Baik mandi air hangat maupun air dingin memiliki manfaat masing-masing. Terkadang dokter merekomendasikan terapi air panas atau dingin untuk orang yang memiliki masalah dengan cedera otot atau tulang. 

Namun, pilihan perawatan ini hanya sebagai alternatif, karena belum ada bukti mandi air hangat atau dingin memiliki manfaat sama seperti mengoleskan gel dingin atau heating pad.

Beberapa orang yang terkena radang sendi mungkin akan lebih menikmati mandi air hangat di pagi hari, karena mampu membantu mereka merasa lebih mudah bergerak. 

Namun, mandi air dingin juga tidak kalah bermanfaat untuk cedera yang disertai peradangan. 

Selain minum air putih sebelum tidur, Anda juga dianjurkan untuk mandi air hangat sekitar 1 hingga 2 jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Orang yang mengidap eksim dan ruam lain sebaiknya menghindari mandi air panas, karena dapat memicu kulit kering yang lebih kronis.***

SMART  HEALTH

Referensi:

https://healthyvoyager.com/7-proven-health-benefits-of-hot-shower/

https://info.totalwellnesshealth.com/blog/feeling-anxious-reduce-anxiety-naturally-with-these-quick-remedies

https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower#Why-do-we-like-hot-showers?

https://www.medicalnewstoday.com/articles/327461