Beranda News ‘Monsoon Break’ di Lampung, Intensitas Hujan Berkurang

‘Monsoon Break’ di Lampung, Intensitas Hujan Berkurang

409
BERBAGI

TERASLAPUNG.COM — Bulan Desember merupakan bulan yang menandakan awalnya musim hujan di wilayah Indonesia, khususnya di wilayah Lampung. Meski begitu, pada akhir Desember 2017 hujan di Lampung sebenarnya sudah mulai berkurang karena adanya mansoon break.

“Hujan terjadi hampir setiap hari dari awal bulan hingga pertengahan bulan Desember.Hujan ini merata terjadi di seluruh wilayah Lampung. Bahkan hujan lebat yang terjadi menyebabkan genangan di beberapa jalan di wilayah Bandar Lampung,” kata Achmad Raflie Pahlevi, prakirawan BMKG Maritim Lampung, Selasa (26/12/2017).

Achmad mengatakan, beberapa hari ini hujan sudah mulai jarang terjadi di wilayah Lampung karena mansoon break.

Monsoon break adalah kondisi cuaca cerah. Saat itu pasokan suplai air untuk pembentukan awan hujan mengalami pengurangan.

“Hujan yang terjadi hanya bersifat lokal dan terjadi dengan intensitas yang ringan tidak seperti sebelumnya hujan terjadi merata di seluruh wilayah Lampung dan terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat,”katanya.

“Melemahnya intensitas hujan disebabkan oleh adanya Typhoon Tembin di sebelah tenggara Vietnam. Hal ini berdampak pada melemahnya angin muson di wilayah Lampung,” imbuhnya.

Berdasarkan pantauan BMKG, pengurangan intensitas hujan ini akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap potensi terjadinya angin kencang dengan kecepatan dapat mencapai 25 knot di wilayah Lampung.

Loading...