Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Mantan Anggota Dewan: Tanggal Lahir Lampung Utara Harus Segera Dluruskan

Mantan Anggota Dewan: Tanggal Lahir Lampung Utara Harus Segera Dluruskan

183
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

KOTABUMI–‎Mantan anggota DPRD Lampung Utara periode 2009 – 2014, Ibnu Hajar meminta seluruh pihak terkait untuk segera meluruskan tanggal lahir Kabupaten Lampura yang kini menuai kontroversi.  Menurut Ibnu Hajar, tanggal lahir Kabupaten atau HUT Lampura yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 1946 tersebut disinyalir tidak sesuai dengan fakta sejarah‎ melalui literatur yang ada

“Ya‎, itu yang harus diluruskan (kalau tanggal 15 Juni itu bukan HUT Lampura),” kata dia,melalui pesan Blackberry-nya, Rabu (24/6).

Menurut Ibnu, dengan munculnya kontroversi soal HUT Lampura belakangan ini, mestinya baik eksekutif dan legislatif segera meresponnya karena HUT Lampura merupakan bagian dasar dari sejarah terbentuknya Lampura. Dengan demikian, kedua unsur pemerintahan tersebut tak mempunyai pilihan lain kecuali meluruskan sejarah dimaksud.

“Fakta sejarah yang sebenarnya kalau sudah tahu harus diikuti. Yang salah harus diluruskan (dan dibuatkan Peraturan Daerah)!!” tegas mantan politisi PAN tersebut.

‎Disinggung mengapa wakil rakyat di periode sebelumnya sampat ‘terlewatkan’ persoalan HUT Lampura yang masih dapat diperdebatkan hari jadinya dan ternyata belakangan diketahui HUT Lampura sendiri belum pernah dibuat Peraturan Daerah, dengan ksatria Ibnu mengakui bahwa pihaknya belum mengetahui pasti perkara ini.

“Ya, namanya enggak tahu. Harusnya yang begini, dari dulu dimunculkan,” akuinya.

Sebelumnya, ‎usai kegiatan sidang paripurna DPRD untuk merayakan HUT ke-69 Lampura, di gedung DPRD, Senin (15/6) lalu, Bupati Agung Ilmu Mang‎kunegara mengakui  HUT Kabupaten Lampura masih belum diketahui pasti kapan tepatnya karena Peraturan Daerah tentang HUT Lampura belum pernah dibuat.

Menurut Agung, keberadaan Perda tentang HUT Lampura ini sangat penting karena dapat menjadi acuan keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini. Untuk itu, Perda tentang HUT harus segera dibuat agar didapat tanggal lahir yang pasti untuk Kabupaten Lampura.

“Makanya tadi kan sudah dibahas dengan Dewan bahwasannya harus diperdakan tanggal berapa kita lahir karena ini untuk mengukur (keberhasilan) kita,” tegas Agung.‎

Menurut orang nomor satu Lampura tersebut, penentuan kapan tanggal lahir atau hari jadi Kabupaten yang dipimpinnya harus melalui berbagai kajian atau penelitian yang matang agar didapat tanggal lahir Kabupaten Lampura yang pasti. Kajian itu akan melibatkan para pelaku sejarah yang ada di Lampura dan berbagai bukti otentik yang tertulis mengenai sejarah lahirnya Lampura.

 “Kita mau data otentik baik yang tertulis maupun dari pengungkapan sejarah – sejarah yang ada di Lampung Utara. Oleh sebab itu, harus ada waktu ‎yang lebih panjang agar Perda yang akan dihasilkan dapat benar – benar teruji kebenarannya,” tuturnya.‎

Loading...