Mantan Kadis Kehutanan Lampung Ir. Warsito Wafat

  • Bagikan
Koordinator Rumah Kolaborasi (RuKo), Ir. Warsito

TERASLAMPUNG.COM — Innalillahi wa inaillaihi roji’un. Kabar duka dari Rumah Kolaborasi (RuKo) Lampung. Mantan Kepala Dinas Kehutanan Lampung, Warsito, meninggal dunia, Jumat, 18 Juni 2021. Kabar wafatnya tokoh perintis Hutan Kemasyarakatan (HKM) di Lampung Barat itu disampaikan aktivis lingkungan Ichwanto M Nuh di media sosial.

Kabar meninggalnya Warsito menyisakan duka mendalam bagi para aktivis di Lampung. Ia dikenal sangat dekat dengan para aktivis lingkungan dan petani di Lampung sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan Lampung Barat pada awal dekade 2000-an.

Ichwanto mengatakan , Warsito  tidak hanya dikenal sebagai senior, tetapi juga menjadi bapak, guru, dan sahabat yang baik bagi para aktivis lingkungan dan petani, khususnya petani di Lampung Barat. Berkat kerja kerasnya, para petani di sekitar hutan di Lampung Barat bisa memiliki hak mengelola hutan dalam program Hutan Kemayarakatan (HKM).

“Beliau seorang perintis dan pendobrak, bahwa masyarakat petani dapat dengan baik mengelola hutan kalau mereka diberi kepercayaan (legalitas). Melalui tangan dinginnya Hutan Kemasyarakatan (HKM) bergulir hingga saat ini (Perhutanan Sosial) dan Insya Allah berguna bagi republik ini,” katanya pria yang akan disapa Bang Buyung itu.

Menurut Ichwanto,  Warsito layak dijadikan teladan bagi banyak kalangan. Meskipun sudah pensiun,  Warsito masih mau bersusah payah membina para aktivis lingkungan yang jauh lebih muda usianya dan mendampingi para petani.

Lewat Rumah Kolaborasi (RuKo) yang didirikannya bersama para aktivis dan jurnalis, Warsito melakukan pengabdian untuk para petani di Lampung. Ia juga masih sering turun ke lapangan, masuk-keluar hutan, untuk menjalankan program RuKo.

Pada 2019 lalu Warsito mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) karena dedikasinya dalam mengawal program Perhutanan Sosial di Lampung.

Selain aktif di RuKo sejak beberapa tahun terakhir, Warsito juga tercatat sebagai Ketua Kelompok Kerja Percepatan Perhutanan Sosial (Pokja PPS) Provinsi Lampung.

Selamat jalan Pak Warsito…..

  • Bagikan