Mantan Penyidik KPK Ini Disebut Bawa Goodie Bag Berisi Uang dari Rumah Azis Syamsuddin

  • Bagikan
Mantan penyidik KPK Stepanus Robin bersiap mengikuti sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin, 13 September 2021. Sidang perdana tersebut beragendakan pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas perkara dugaan suap terkait pengurusan atau penanganan sejumlah kasus di KPK. Foto: ANTARA via Tempo.co

TERASLAMPUNG.COM — Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Stepanus Robin Pattuju, disebut beberapa kali mendatangi rumah Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Hal ini diungkap salah satu saksi Agus Susanto, rekan Robin, yang diperiksa dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin, 20 September 2021.

Baca: Azis Syamsuddin Diduga Dibidik KPK, 3 Tokoh Golkar Rebutan Kursi

Jaksa KPK bertanya pada Agus perihal kebenaran keterangan di BAP bahwa Agus kerap mengantarkan Robin.

“(Mengantar Robin) ke rumah, kediaman dari bapak asuh beliau, dan ke lapas Tangerang,” kata Agus saat menjawab pertanyaan Jaksa KPK.

Agus mengkonfirmasi bahwa bapak asuh tersebut adalah Azis Syamsuddin. Menurut Agus, ia mengantarkan Robin bertemu dengan Azis sebanyak empat hingga lima kali pada medio 2020-2021. Beberapa kali ia mengantar Robin langsung ke rumah Azis di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan.

Salah satunya, terjadi pada Agustus 2020. Saat itu dari PTIK, Agus mengantarkan Robin ke rumah Azis. Ia sendiri tak ikut masuk ke dalam rumah dan menunggu di mobil. Hampir 15 menit Robin di dalam. Saat kembali ke mobil, Agus menyebut Robin membawa kardus yang di dalamnya terdapat goodie bag warna hitam.

“Sepanjang jalan (pulang), beliau ada buka goodie bag, ternyata ada uang yang baru. Saya lihat waktu itu, ada uang warna hitam dan warna lain,” kata Agus.

Ia mengaku tak tahu mata uang yang ia lihat saat itu. Robin hanya menjelaskan uang itu untuk membantu perkara Azis. Uang kemudian ditukarkan ke money changer.

Agus juga mengkonfirmasi bahwa ia mengantarkan lagi Robin bertemu Azis pada Februari 2021. Menurut Agus, saat itu, rumah Azis sedang menerima banyak tamu karena tengah ada rapat DPP Partai Golkar. Ia pun parkir di seberang jalan. Kali ini Robin ikut menemaninya.

Setelah beberapa saat, Robin ditelepon dan diminta masuk ke dalam rumah. Robin kembali ke mobil dengan membawa goodie bag. Kali ini berwarna cokelat. Mereka pun kembali membawa uang tersebut ke money changer.

Jaksa KPK kemudian membacakan BAP Agus yang menyebut bahwa menurut Robin, uang tersebut berasal dari Azis Syamsuddin.

“Untuk bantu pengurusan perkara saudari Rita Widyasari yang sedang ditahan di lapas wanita dan anak di Tangerang,” kata salah satu jaksa.

Sebelumnya, nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin diketahui muncul dalam dugaan suap mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Dalam dakwaan yang dibacakan pada Senin, 13 September 2021, Jaksa KPK menyebut Azis diduga memberikan uang kepada Robin Pattuju.

Saat menjadi saksi dalam sidang dengan terdakwa Wali Kota Tanjungbalai nonaktif Syahrial, Azis mengakui menyerahkan Rp 200 juta ke Robin. Namun, dia mengatakan uang itu adalah pinjaman.

“Bukan minta tapi pinjam, pinjaman saat itu persisnya atas permintaan beliau ada Rp 200 juta atau Rp 150 juta,” kata  anggota DPR RI dapil Lampung dari Partai Golkar itu.

TEMPO

  • Bagikan
You cannot copy content of this page