Beranda Views Profil Mariska Halinda, Gadis Lampung Tengah Peraih Emas SEA Games Singapura dan Malaysia

Mariska Halinda, Gadis Lampung Tengah Peraih Emas SEA Games Singapura dan Malaysia

1857
BERBAGI
Mariska Halinda, sukses meraih emas di cabang taekwondo SEA Games Malaysia 2017.

TERASLAMPUNG.COM — Atlet taekwondo asal Lampung Tengah, Mariska Halinda, membuat kejutan di ajang SEA Games, Kuala Lumpur, pada Selasa, 29 Agustus 2017 lalu. Ia tidak hanya menyumbangkan tiga perak dan dua perunggu untuk Indonesia,tetapi juga sekeping medali emas yang membuat ia harus naik ke panggung kehormatan dan menghot pada Sang Saka Merah Putih.

Mariska merebut emas  di nomor kyoguri 53 kg putri setelah mengalahkan Aragon Rhezie dari Filipina. Skornya pun cukup telak: 9-4.

Bagi gadis asal Sulusuban, Lampung Tengah ini, taekwondo sudah menjadi hobinya sejak kecil. Sejak duduk di bangku TK Marska sudah harus berlatih taekwondo.Maklum, sang ayah memang jago taekwondo.

Ketika  duduk di bangku kelas 3 SD, Mariska mulai mengikuti kejuaraan Indonesia Open.

Berbekal bakat yang bagus, saat memasuki usia remaja Mariska pun ikut seleksi masuk SMA Ragunan. Ia juga lolos  seleksi Pelatihan Nasional (Platnas) Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan, Jakarta Selatan pada 2014.

Pada 2014 lalu setelah mengikuti Pelatnas, Mariska mengikuti Asian Games di Korea Selatan. Tahun 2015 lalu Mariska berhasil menyumbangkan mendali emas untuk Indonesia dalam SEA Games Singapura. Tahun ini Mariska kembali mengharumkan nama Indonesia diajang bergengsi Sea Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

“Doa yang paling besar adalah doa dari oang tua, keluarga, teman-teman, pengurus dan uga pelatih. Mereka semua selaku suport aku, dan terima kasih atas dukungan Pak Bupati Mustafa. Mudahan-mudahan bisa memotivasi atlet lainnya untuk lebih baik lagi,” tandasnya.

Emas di SEA Games Singapura

Mariska Halinda bersama kedua orang tuanya berpose bersama Bupati Lampung Tengah, Mustafa.

Medali emas SEA Games 2015 di kelas -53 Kyorugi (tarung) menjadi tonggak kehebatan Mariska di dunia taekwondo. Saat itu Mariska sukses  mempersembahkan medali emas bagi Indonesia.

Mulai saat itu Mariska jadi sorotan publik. Sebab, emas yang diraihnya tidaklah mudah. Kemenangan partai final kala itu direbut dengan cara yang sangat dramatis.

Dalam posisi terjepit dan tertinggal poin 4-5 dari lawannya atlet asal Thailand, Phannapa Harnsujin, pada ronde terakhir dan pada waktu 32 detik itu melepaskan tendangan telak yang akhirnya mendarat di kepala Phannapa.

Atlet Negara Gajah Putih itu pun tersungkur dan skor langsung berbalik menjadi 7-5/ Satu poin dihadiahkan oleh wasit karena menilai Phannapa mengulur waktu, sehingga Mariska memperoleh poin 8. Meskipun lawannya menambah satu poin lain, akhirnya Mariska menang dengan skor  8-6. Gadis asal Sulusuban, Lampung Tengan itu pun meraih medali emas.

Kini Mariska Halinda menjadi andalan Indonesia pada ajang Asian Games 2018 dan even internasional lainnya.

Dewira

Loading...