Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Masalah BOS Jadi Penyebab Lampung Utara Terima WDP dari BPK

Masalah BOS Jadi Penyebab Lampung Utara Terima WDP dari BPK

1116
BERBAGI
Ilustrasi dana BOS

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Penurunan predikat Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 dari Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP) ternyata disebabkan oleh ‘ketidakberesan’ administrasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hari ini, Senin (29/6/2020), BPK RI Perwaki‎lan Lampung memberikan predikat WDP atas LKPD Lampung Utara tahun an‎ggaran 2019. Prosesi penyerahan LKPD dilakukan secara virtual di dua lokasi berbeda.

“‎Penurunan predikat LKPD dari WTP menjadi WTP dikarenakan adanya temuan administrasi BOS yang tidak sinkron,” papar Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, Senin (29/6/2020).

Ketidaksesuaian administrasi BOS yang menjadi penyebab turunnya peringkat dari BPK itu disampaikan langsung oleh pihak BPK saat prosesi penyerahan opini tersebut.

Untuk temuan – temuan administrasi lainnya, Romli mengaku belum mengetahuinya. Pihak BPK hanya menyebutkan temuan administrasi BOS saja tanpa menyebutkan temuan lainnya.

“Pada hakikatnya, administrasi – administrasi lainnya sudah selesai semua dan hanya dana BOS saja yang belum sinkron,” urainya.

Romli berharap, penurunan predikat BPK ini akan membuat seluruh instansi kembali terpacu untuk memperbaiki administrasinya masing – masing di masa mendatang. Dengan demikian, Lampung Utara dapat kembali memperoleh predikat WTP.

“Harapannya, Lampung Utara akan kembali mendapat predikat WTP pada tahun depan‎,” tutur politisi asal Partai Demokrat ini.

Loading...