Beranda Hukum Narkoba Mau Edarkan Ganja di Taman Tiyuh Pulung Kencana, Buruh Tani Ini Dibekuk...

Mau Edarkan Ganja di Taman Tiyuh Pulung Kencana, Buruh Tani Ini Dibekuk Polisi

163
BERBAGI
Barang bukti enam paket ganja kering siap edar dan satu unit ponsel yang disita petugas Satres Narkoba Polres Tulangbawang dari tersangka SB (23), warga Tiyuh Tunas Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah. (Foto Humas Polres Tuba)
Barang bukti enam paket ganja kering siap edar dan satu unit ponsel yang disita petugas Satres Narkoba Polres Tulangbawang dari tersangka SB (23), warga Tiyuh Tunas Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah. (Foto Humas Polres Tuba)

Zainal Asikin |Teraslampung.com

TULANGBAWANG — Petugas satuan Reserse Narkoba Polres Tulangbawang, menangkap seorang pemuda berinisial SB (23), yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani saat akan mengedarkan paket ganja kering di Taman Tiyuh Pulung Kencana, Tulangbawang, pada Rabu malam 2 Mei 2018 sekitar pukul 20.00 WIB.

“Kami menangkap tersangka SB, warga Tiyuh Tunas Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah tersebut, saat tersangka akan menjual ganja di Taman Tiyuh Pulung Kencana, pada Rabu malam kemarin,”kata Kasat Reserse Narkoba Polres Tulangbawang, Iptu Boby Yulfia, Kamis 3 Mei 2018.

Dikatakannya, dari penangkapan tersangka yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani tersebut, disita enam paket ganja kering siap edar yang dibungkus kertas coklat lalu disimpan dalam bungkus rokok Marlboro dan satu buah ponsel merk Samsung warna hitam.

Iptu Boby Yulfia mengungkapkan, penangkapan tersangka SB, berkat informasi dari masyarakat yang mengatakan adanya seorang pemuda yang akan mengedarkan narkotik jenis ganja di seputar Taman Tiyuh Pulung Kencana. Berbekal informasi tersebut, langsung dilakukan penyelidikan di lokasi yang dimaksud.

“Dalam penyelidikan itu, kami dapati SB dengan gerak-gerik mencurigakan. Saat itu juga langsung dilakukan penangkapan dan penggeledahan,”ujarnya.

Saat digeledah, kata Boby, ditemukan enam paket ganja kering siap edar yang disimpan tersangka SB didalam bungkus kotak rokok Marlboro yang disembunyikan disaku celananya. Selain enam paket ganja, pihaknya juga menyita ponsel milik tersangka yang disinyalir adanya transaksi narkoba. Guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti, dibawa ke Mapolres.

“Saat ini Kami masih mengembangkan kasusnya, untuk mengetahui darimana tersangka mendapat ganja tersebut. Dugaan sementara, tersangka SB sebagai pengedar dan juga pemakai barang haram tersebut,”ungkapnya.

Menurutnya, pasal yang disangkakan untuk menjerat tersangka, Pasal 114 ayat (1) UU No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun.