Beranda Politik Megawati Tegaskan tidak Ada Ketua Harian dan Waketum PDIP

Megawati Tegaskan tidak Ada Ketua Harian dan Waketum PDIP

393
BERBAGI
Megawati Soekarnoputri membuka acara Kongres V PDIP di Bali/ Dok. PDIP
Megawati Soekarnoputri membuka acara Kongres V PDIP di Bali/ Dok. PDIP

TERASLAMPUNG.COM — Megawati Soekarnoputri terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPP PDIP untuk periode 2019-2024 dalam Kongres PDIP di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (8/8/2018).

Usai terpilih kembali menjadi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa tidak ada ketua harian dan wakil ketua umum di struktur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP mendatang.

Penegasan ini sekaligus menghapus spekulasi munculnya nama dua anak Megawati, Puan Maharani dan Prananda Prabowo, menduduki jabatan ketua harian atau wakil ketua umum (waketum) yang akan menjadi pengganti ketua umum pada 2024-2029.

“Jadi dengan adanya percepatan kongres ini, kan banyak yang berspekulasi saya akan menyerahkan kepada ketua harian, apakah ibu tidak akan menjadi ketua umum lagi, apakah akan menyerahkan ke ketua harian, atau akan membentuk wakil Ketua Umum. Sekarang kan semua sudah kelihatan. Semua itu tidak ada. Saya tetap Ketua Umum yang diberikan hak prerogatif dan nanti membentuk DPP partai,” ujar Megawati di Grand Inna Bali Beach pada Kamis, 8 Agustus 2019.

Megawati menegaskan, setelah diangkat kembali, dirinya mendapatkan hak prerogatif menentukan DPP partai sebagai formatur tunggal. Megawati yang akan memilih jajaran struktur pimpinan partai periode 2019-2024.

Sebelumnya, beredar wacana akan ada pembentukan struktur ketua harian dan wakil ketua umum untuk mempersiapkan calon pengganti Megawati di periode selanjutnya yakni 2024. Dua anak Megawati, Prananda Prabowo dan Puan Maharani digadang-gadang menjadi calon kuat.

Namun, semua wacana itu dibantah oleh Megawati pada malam ini. Megawati Soekarnoputri resmi dikukuhkan kembali menjadi Ketua Umum PDIP Periode 2019-2024 dalam sidang paripurna tertutup di Agung Room, Grand Inna Bali Beach pada Kamis malam, 8 Agustus 2019.

“Dari pandangan umum 34 DPD dan 514 DPC, dalam sidang paripurna tadi kesemuanya aklamasi memohon kepada Ibu Megawati untuk menjadi ketua umum kembali,” ujar pimpinan sidang paripurna, Ketua DPD Kepri, Suryo Respationo di Agung Room, Grand Inna Bali Beach pada Kamis malam, 8 Agustus 2019.

Di malam yang sama, Megawati juga sudah mengambil sumpah jabatan untuk menjadi ketua umum PDIP kembali periode 2019-2024. Acara pengambilan sumpah jabatan Megawati itu juga dilakukan secara tertutup dalam sidang paripurna PDIP.

Tempo.co

Loading...