Memahami Kisi-Kisi Soal dan Trik Menyelesaikan Tes SKD CPNS 2021

  • Bagikan
CAT Tes CPNS 2018 (dok)

TERASLAMPUNG.COM — Beberapa instansi sudah menggelar Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) 2021  sejak 2 September 2021 lalu. Namun, masih ada instansi yang belum menggelar SKD CPNS 2021. Di Lampung, misalnya, tes baru akan digelar besok.

Sebelum mengikuti tes, ada baiknya para peserta memahami tentang kisi-kisi tes, bobot nilai soal, dan trik agar tidak rugi atau nilainya kecil.

Menurut laman Badan Kepegawaian Nasional (https://sscasn.bkn.go.id/), ada 110 soal yang harus diselesaikan peserta SKD CPNS 2021. Soal-soal tersebut  tentang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes tersebut harus diselesaikan peserta dalam waktu 100 menit.

Ketiga jenis tes itu bobot nilainya berbeda-beda. Dala TIU dan TWK, jawaban benar bernilai 5 dan jawaban salah atau tidak dijawab bernilai 0. Sedangkan dalam  TKP tidak ada jawaban yang salah. Jawaban dari tes ini dinilai dari angka 1-5, sedangkan jika tidak dijawab bernilai 0.

Di sinilah peserta tes harus pandai memainkan trik. Karena pada soal TKP tidak ada jawaban yang dianggap salah, maka jangan sampai peserta tidak menjawab soal. Sebab, jika soal tidak dijawab maka untuk soal yang tidak dijawab itu nilainya akan menjadi nol. Namun, jika soal itu dijawab –meskipun tidak sesuai dengan kunci jawaban panitia–tetap akan mendapatkan nilai. Minimal nilai 1 atau 2. Tentu nilai itu lumayan jika dibanding tidak menjawab sama sekali.

Supaya lulus tahap SKD, peserta harus berhasil melewati passing grade atau nilai ambang batas masing-masing adalah TWK 65, TIU 80 dan TKP 166.

TWK adalah tes yang akan menguji seberapa dalam pengetahuan pelamar mengenai kebangsaan Indonesia. Tes itu terdiri atas soal seputar Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artinya, berdasarkan kisi-kisi tersebut, peserta tetaplah fokus belajar TWK pada tema tersebut di atas.

Selain buku pelajaran, peserta tes bisa mencari sumber belajar dari laman Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dalam TIU terdapat tiga jenis tes, yaitu tentang  sinonim, antonim, kelompok kata, persamaan kata (analogi), dan tes kemampuan numerik atau logika berhitung.

Untuk TKP, peserta diminta menjawab soal yang berkaitan dengan anti-radikalisme. Ini sebenarnya hal baru dalam tes CPNS. Namun, isu radikalisme sebenarnya sudah banyak dikaji. Di mana bisa mendapatkan sumber belajar poko bahasan ini? Peserta bisa berselancar ke laman atau situs Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Berikut ini adalah kisi-kisi materi yang akan dimasukkan dalam soal SKD tahun 2021, sesuai dengan ketentuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB):

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Nasionalisme
Integritas
Pilar negara
Bahasa Indonesia
Bela negara
Tes Intelegensia Umum (TIU)

1. Kemampuan verbal

Analogi
Silogisme
Analitis

2. Kemampuan figural

Analogi Ketidaksamaan
Serial

3. Kemampuan numerik

Berhitung
Deret angka
Perbandingan kuantitatif
Soal cerita

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Anti radikalisme
Pelayanan publik
Sosial budaya

TIK
Profesionalisme
Jejaring kerja

 

  • Bagikan