Beranda News Wisata Mencecap Pesona dan Keindahan Bentang Alam Suoh

Mencecap Pesona dan Keindahan Bentang Alam Suoh

218
BERBAGI
Danau Belibis di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan wilayah Suoh, Lampung Barat (Foto: Ch Heru Cahyo Saputro)

Christian Heru Cahyo Saputro

Di kawasan ini kita bisa menikmati bentang alam yang indah berpadu dengan fenomena alam merupakan daya tarik yang ditawarkan Suoh. Obyek Wisata Alam Suoh lokasinya berada di bagian tengah sebelah timur Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Secara adiministratif pemerintahan termasuk dalam wilayah Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat, sementara menurut adiministrasi pengelolaan termasuk dalam wilayah SKW I Liwa Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Kawasan wisata Suoh berbatasan dengan enclave Suoh yang terbentuk dari letusan Gunung Ratu tahun 1933, memiliki keunikan potensi wisata berupa 4 buah danau yang berdekatan, dipisahkan oleh padang rumput (sabana) dan rawa serta berbeda karakteristiknya satu sama lain, yaitu Danau Asam (airnya terasa asam), Danau Lebar, Danau minyak (airnya seperti mengandung minyak) dan Danau Belibis karena danau ini menjadi habitat jenis-jenis burung air terutama belibis.

BACA: Jejak Eksotisme Kawah Keramikan dan Tiga Danau di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Selain itu lembah Suoh memiliki potensi gejala dan fenomena alam sumber panas bumi (Gunung Loreng) dan letupan-letupan lumpur panas yang dapat berpindah-pindah tempatnya.

Sumber air panas Keramikan di TNNBS wilayah Suoh. Foto: Christian Heru C.Saputro

Di kawasan ini dapat dinikmati gejala dan fenomena alam, pengamatan burung, memancing, berenang, bersampan, rafting, tracking , foto hunting , dan interaksi sosial budaya dengan masyarakat enclave Suoh yang khas dan masih alami.

Sarana yang telah tersedia adalah jalan setapak yang mengitari danau, pagar-pagar pengaman letupan panas bumi, pondok kerja, pos jaga, pintu gerbang, MCK, Shelter, pusat informasi, dan dermaga speed boat

Arung Jeram dan Off Road

Sungai Semangka atau Way Semangka terletak di pinggir TNBBS Lampung. Lintasan yang asyik untuk arung jeram atau rafting untuk diarungi. Sungai ini pernah disurvey oleh kelompok Arus Liar, Hendi Rohendi dkk adalah sepanjang 23 km dengan waktu tempuh antara 5 – 7 jam. Kelas tingkat kesulitan berkisar antara kelas II dan III.

Medan jalan di kawasan Suoh. (Foto: Ch Heru Cahyo Saputro)

Pemandangan sepanjang Sungai Semangka ini masih alami dan indah dan menarik terutama di kawasan hulu sungai.Start terbaik dapat dimulai dari Tugu Ratu dan finish di Desa Talang Asahan.
Untuk mencapai tempat start di Tugu ratu harus memakan waktu sekitar 5 -6 jam dari Tanjungkarang-Rajabasa- Kota Agung.

Medan dari Kota Agung ke Tugu Rato cocok untuk penggemar off road dan motorcross. Di kawasan Suoh ini tiap tahunnya digelar event Off Road dan motorcross yang berskala nasional.

Objek wisata alam ini menyajikan potensi wisata olahraga serta pesona alam yang masih perawan. Perjalanan ke lokasi hanya bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan jenis off road atau motor trail.

BACA: Menikmati Eksotisme Sumber Panas Bumi Keramikan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Di kawasan ini ada 4 buah danau yang berubah-ubah warnanya. Di kawasan sekitar danau ini terdapat sumber panas bumi (geothermal) yang menambah menariknya lokasi ini.

Trip Menuju Suoh

Kawasan ini dapat ditempuh dengan Bandar Lampung-Kotaagung-Wonosobo-Banding-Suoh sepanjang ± 148 Km dimana rute Wonosobo-Banding-Suoh masih merupakan jalan sepanjang ± 50 Km yang sulit dilalui pada musim hujan.

Untuk ke lokasi bisa melalui dua jalur alternatif. Pertama, dari Ibukota Lampung Barat Liwa melalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak dengan jarak tempuh 4 jam perjalanan. Sedangkan alternatif kedua, dari ibukota Tanggamus Kota Agung melalui wonosobo kemudian ke Banding dan Suoh sekira berjarak 50 kilometer.