Beranda Politik Mendagri Batalkan Usulan Kenaikan Dana Parpol

Mendagri Batalkan Usulan Kenaikan Dana Parpol

252
BERBAGI
Mendagri Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Kabupaten Pesawaran, Lampung, beberapa waktu lalu. 
Teraslampung.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan pembahasan rencana kenaikan dana partai politik (parpol) dihentikan. Menurut Mendagri penghentikan tersebut disebabkan adanya  penolakan dari anggota DPR dan beberapa partai politik.
“Keinginan DPRD se-Indonesia untuk naik gaji pun tidak dikabulkan.Kemendagri tidak merekomendasikan besaran kenaikan penerimaan anggota DPRD,” kata Tjahjo Kumolo, Sabtu (27/6/2015).Tjahjo menegaskab pihaknya saat ini ingin fokus mempersiapkan Pilkadas serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Pekan depan kami akan  mengundang pejabat di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk membahas anggaran. Lebih baik Kemendagri fokus ke hal lain seperti persiapan Pilkada
serentak, menggerakkan daerah agar penyerapan anggaran berjalan sesuai target,” katanya.

Kenaikan dana parpol hingga 10 kali lipat itu sebenarnya merupakan usulan Mendagri Tjahjo Kumolo. Para anggota Komisi II DPR RI pun dengan sangat antusias menyambutnya.Selama ini parpol mendapatkan dana dari pemerintah berdasarkan perolehan suara yang didapatkannya dalam pemilu, Setiap suara yang didapatkan parpol akan diberi nilai Rp 108.

Jika usulan kenaikan dana parpol 10 kali lipat itu berhasil maka setiap suara yang didapatkan parpol akan naik nilainya menjadi Rp 1.080. Dengan begitu, yang paling beruntung adalah parpol yang perolehan suaranya paling besar.

Loading...