Mendagri Lantik Ridho Ficardo-Bachtiar Basri Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Lampung

Mendagri Lantik Ridho Ficardo-Bachtiar Basri Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Lampung
Mendagri Lantik Ridho Ficardo-Bachtiar Basri Sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Lampung
Bagikan/Suka/Tweet:

‘Pecahkan Rekor’ Tuan Guru, Ridho Gubernur Termuda di Indonesia

Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melantik Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo dan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dalam Sidang Paripurna DPRD  Lampung yang dipimpin ketua DPRD Lampung Marwan Cik Hasan, di Ruang Sidang DPRD Lampung, Bandarlampung, Senin pagi (2/6).

Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 51/ Tahun 2014 tertanggal  28 Mei 2014.

Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan Gubernur Lampung adalah gubernur ke 34 Indonesia yang dilantik hingga menjelang berakhirnya masa pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu (2009-2014).

“Tetapi pemilihan gubernur di Lampung menjadi lebih menarik dibandingkan provinsi lain karena digelar bersamaan dengan pemilihan umum legislatif yakni pada 9 April 2014.Semoga demokrasi kita ke depan lebih baik lagi,” kata Mendagri.

Menurut Mendagri pelantikan gubernur merupakan puncak demokrasi di daerah-daerah. Setelah dilantik dan menjawab sebagai gubernur dan wakil gubernur, kata Mendagri, diharapkan Ridho Ficardo  dan Bachtiar Basri benar benar menjalankan amanah dan tanggung jawabnya terhadap rakyat menuju kesejahteraan.

“Gubernur Lampung adalah gubernur termuda di Indonesia dengan umur 33 tahun. Umur juga tidak perlu diperdebatkan karena banyak juga orang muda yang berprestasi,” kata Mendagri.
.
Mendagri berharap kebijakan yang akan diambil gubernur dan wakil gubernur baru berdasarkan kebijakan nasional. “Dan perlu juga sinergitas dan kerjasama  antara kabupaten/kota sehingga tercapai kesejahteraan masyarakat,” kata Mendagri..

Dalam sambutannya Mendagri Gamawan Fauzi selaku wakil pemerintah pusat menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Gubernur Lampung dan Wakil Gubernur Lampung periode 2009-2014, Sjachroedin Z.P. dan Joko Umar Said atas program program unggulan pembangunan yang di laksanakan di Lampung.

Usai pelantikan Ridho Ficardo dan Bachtiar Basri mengaku bersyukur pesta demokrasi di Lampung hingga proses pelantikan berjalan lancar. Sebagai gubernur baru Ridho berjanji akan melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan dan membenahi kinerja birokrasi.

Ridho berjanji akan menempatkan para pejabat di lingkungan Pemprov Lampung sesuai dengan kecakapannya dan tidak akan memperjualbelikan jabatan.

Dengan dilantiknya Ridho Ficardo sebagai Gubernur Lampung berarti
‘rekor gubernur termuda se-Indonesia’ kini dipegang Ridho. Semula
gubernur termuda di Indonesia adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat  Dr.
K.H. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A atau Tuan Guru (kelahiran  31 Mei
1972). Kini usia Ridho Ficardo baru 33 tahun.