Mendes PDTT: Pendamping Desa akan Dikontrak ‘Multi-Years’

  • Bagikan
Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar
Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar

TERASLAMPUNG.COM, JAKARTA–Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberi kabar gembira untuk para pendamping desa. Menurut Mendes, para pendamping desa akan menandatangani kontrak kerja multiyears selama dua tahun.

“Kami terus berupaya agar para pendamping desa ini tidak berdebar-debar setiap akhir tahun soal kontrak. Para pendamping desa akan mendapatkan kontrak multiyears dua tahun jadi tidak perlu khawatir lagi setiap akhir tahun. Insya Allah, utamanya untuk TA Kabupaten sampai pendamping lokal desa, mudah-mudahan Desember nanti sudah bisa menandatangani kontrak multiyears untuk dua tahun,” kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Menurut  Mendes, para pendamping desa merupakan elemen penting dalam pembangunan desa dan menjadi penyambung antara pemerintah dengan warga desa.

“Kapasitas pendamping desa perlu terus ditingkatkan dengan diberikan pelatihan dan edukasi. Gus Menteri ingin kapasitas Pendamping Desa melebihi tenaga pendamping dari lembaga dan kementerian lainnya,” katanya.

Mendes mengatakan hampir semua kementerian dan lembaga memiliki tenaga pendamping, mulai dari Kemensos, Kemendes, Kemenag hingga BKKBN. Semua penyuluh atau pendampingan itu tugasnya langsung menyentuh warga desa.

“Pendamping desa harus mampu memetakan masalah-masalah yang sedang dihadapi warga dampingannya, termasuk persoalan kesehatan pun harus dipikirkan oleh pendamping desa,”katanya.

  • Bagikan