Mendikbud: Jadikan Sekolah Tempat Belajar yang Menyenangkan

  • Bagikan
Anies Baswedan di ruang kelas SD. (Ist)

SURABAYA, Teraslampung.com — Siswa masa depan adalah seorang siswa yang unggul dan pembelajar. Untuk menciptakan hal tersebut, dunia pendidikan harus menciptakan sekolah dengan suasana belajar yang menyenangkan.

“Oleh karena itu, yang utama dalam penyusunan kurikulum adalah harus memastikan sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, dalam seminar mahasiswa dan calon guru sebagai pendidik, di Universitas Negeri Surabaya (UNNESA), Minggu (23/11/2014).

Kurikulum, kata Mendikbud, didesain untuk membentuk interaksi  antara pendidik dan peserta didik dengan struktur yang jelas. Struktur tersebut dapat digunakan dengan standar yang sama, dan menyenangkan bagi peserta didik. Bila dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, maka peserta didik akan menjadi seorang pembelajar, dan ini yang dibutuhkan generasi masa depan.

Mengapa kurikulum harus mampu membuat peserta didik menjadi seorang pembelajar? Mendikbud mengatakan, perubahan ilmu pengetahuan begitu cepat, demikian juga perubahan dunia pekerjaan. Jika peserta didik adalah seorang pembelajar, maka dimanapun mereka belajar akan selalu menjadi unggulan.

“Anak-anak harus diberikan suasana dengan lingkungan yang memungkinkan semua potensinya tumbuh. Anak sebagai bibit yang harus ditumbuhkan,” ujar Mendikbud.

Mendikbud menuturkan, menjadi tugas pendidik dan tenaga kependidikan, serta seluruh kalangan peduli pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. “Begitu kita bisa menciptakan suasana menyenangkan dalam pembelajaran, maka potensi peserta didik akan tumbuh besar,” tandasnya.

  • Bagikan