Beranda Hukum Kriminal Menganggur tapi Ingin Mudah Dapat Uang, Ismunandar Nekat Membegal

Menganggur tapi Ingin Mudah Dapat Uang, Ismunandar Nekat Membegal

176
BERBAGI
Ismunandar diperiksa di Polresta Bandarlampung, Selasa (12/7/2016).

Zainal Asikin| Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Tidak punya uang karena menganggur mestinya diatasi dengan berusaha kerja keras. Namun, tekad macam itu tidak dimiliki  Ismunandar (26). Ia justru membegal sepeda motor pasangan muda-mudi yang sedang pacaran di tempat sepi. Ia pun akhirnya dicokok polisi dan haru jadi penghuni hotel prodeo.

Kepada penyidik yang memeriksnya di Polresta Bandarlampung, Selasa (12/7), Ismundar mengaku baru sekali membegal. Ia membantah data polisi yang menyebutkan bahwa dirinya delapan kali membegal pengendara sepeda motor.

“Sebelumnya saya memang kerja buruh serabutan, terus saya menganggur sudah lama tidak kerja lagi. Saya terpaksa ikut membegal, karena butuh uang untuk kebutuhan sehari-hari,”ujarnya di hadapan petugas dan awak media, di Polrest  Bandarlampung, Selasa (12/7/2016).

Ismunandar mengaku, ia terlibat aksi pembegalan, karena diajak temannya berinisial RN yang saat ini masih buron (DPO). RN mengajak ia mencari uangdengan cara membegal sepeda motor milik pasangan muda-mudi yang sedang berpacaran di tempat sepi. Menurutnya, yang merampas sepeda motor korban RN, sementara dirinya hanya menunggu di atas sepeda motor dengan mengawasi situasi sekitar.

“Yang bawa golok dan mengancam korban itu RN. kalau korbannya melawan, RN akan membacoknya,” kata Ismunandar.

Menurut Ismudandar sepeda motor hasil rampasan dijual oleh RN kepada orang lain sebesar Rp 2 juta. Ismunandar mengaku, tidak mengetahui penadah motor hasil curian tersebut. Karena temannya RN, sudah biasa dan sering menjual motor hasil pembegalan.

“Saya dapat bagian uang Rp 500 ribu, uangnya sudah habis saya pakai
untuk membeli kebutuhan sehari-hari,”ungkapnya.

Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung, meringkus Ismunandar (26) tersangka kasus pembegalan dengan sasaran muda-mudi yang sedang berpacaran. Polisi menangkap tersangka di rumahnya di Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung Selatan, pada Minggu (10/7/2016) lalu.

Saat akan dilakukan penangkapan, tersangka berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan aktif. Petugas mengambil tindakan tegas, melumpuhkan tersangka dengan timah panas di kakinya.

Dari penangkapan tersangka, polisi menyita barang bukti satu unit sepeda motor Honda Revo warna hitam yang biasa digunakan tersangka untuk beraksi melakukan pembegalan.

Loading...