Mengejutkan, Ini Hasil Penyidikan Tertembaknya Anggota TNI AU di Dekat PKOR Way Halim Bandarlampung

  • Bagikan
Danlanud Pangeran M. Bun Yamin Lampung Letnan Kolonel Nav Yohanas Ridwan, menjelaskan ke awak media kasus tertembaknya salah seorang anggotanya. Foto: Teraslampung.com/Dandy Ibrahim
Danlanud Pangeran M. Bun Yamin Lampung Letnan Kolonel Nav Yohanas Ridwan, menjelaskan ke awak media kasus tertembaknya salah seorang anggotanya. Foto: Teraslampung.com/Dandy Ibrahim

TERASLAMPUNG.COM — Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Pangeran M. Bun Yamin Lampung, Letnan Kolonel Nav Yohanas Ridwan, mengungkapkan tertembaknya salah satu anggotan TNI AU di dekat PKOR Way Halim Bandarlampung pada  8 Juni 2021 lalu murni kecelakaan. Menurutnya, NR bukan ditembak orang tidak dikenal tetapi  terluka oleh senjatanya sendiri.

Yohanas Ridwan menjelaskan hal tersebut setelah menerima hasil penyidikan kasus penembakan tersebut dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta bekerjasama dengan POM TNI AU di Polresta Bandarlampung, Jumat, 11 Juni 2021.

“Berkas sudah kami terima seluruhnya karena ini menyangkut anggota TNI aktif maka kami akan lanjutkan pemeriksaan oleh POM AU yang akan disesuaikan dengan hukum atau aturan yang berlaku dalam lingkungan militer,” jelasnya kepada awak media saat konferensi pers di halaman Polresta Jumat 11 Juni 2021.

“Berita awal yang kita terima telah terjadi dugaan penembakan oleh orang tidak dikenal. Tadi sudah kita terima berkas berita acara pemeriksaan ini dan yang terjadi murni kecelakaan dari senjata korban sendiri,” tegasnya.

BACA JUGA:   Kasus Firza Husein, Lawan Rizieq Shihab dalam Kasus Dugaan Chat Mesum, Juga Di-SP3-kan

Meskipun penembakan tersebut kecelakaan tapi TNI AU tetap akan melakukan penyelidikan internal atau investigasi intern dan akan dilakukan setelah NR pulih dari lukanya yang saat ini dirawat di RS Advent.

“Kami akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam oleh POM AU bersama ahli untuk mengetahui senjata dari mana dan lain sebagainya. Kami perlu waktu untuk pedalaman karena korban juga belum pulih,” jelas Ridwan.

Letnan Kolonel Nav Yohanas Ridwan berjanji guna meluruskan pemberitaan penembakan itu pihaknya akan mengirimkan rilis ke media serta Humas Polda Lampung.

“Nanti kami akan menyampaikan keterangan pers secara tertulis yang kita akan berikan ke rekan-rekan media juga Kabid Humas Polda Lampung ini sebagai pelurusan berita yang selama ini kita ketahui saat itu yang terjadi murni kecelakaan dari senjata korban sendiri,” ujarnya.

BACA JUGA:   Ini Kasus Alih Fungsi Hutan yang Menjerat Mantan Menhut Zulkifli Hasan

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra menjelaskan pada hari Selasa tanggal 8 Juni 2021 pukul 4.30 Wib terjadi penembakan di trafik light di jalan Sultan Agung Way Halim korbannya NR yang saat itu bersama istrinya RA.

Untuk mengungkap perkara tersebut Satreskrim melakukan penyidikan melakukan joint investigation dengan POM AU Lanud Lanud Pangeran M. Bun Yamin.

“Penyelidikan kasus penembakan ini menggunakan scientific crime investigation atau penyelidikan ilmiah melibatkan POM AU hasilnya karena ini menyangkut Bintara TNI AU dan berkas pemeriksaan kami serahkan hari ini jam 9.00 tadi,” jelas Pandra.

Dandy Ibrahim

  • Bagikan