Beranda Pendidikan Mengenal Franfurt Book Fair: Bagaimana Sebuah Negeri bisa menjadi Guest of Honour?

Mengenal Franfurt Book Fair: Bagaimana Sebuah Negeri bisa menjadi Guest of Honour?

204
BERBAGI

JAKARTA–Negara mana pun bisa mengajukan permohonan untuk menjadi Guest of Honour di Frankfurt Book Fair. Permohonan ini biasanya diajukan dengan dilakukannya pendekatan oleh asosiasi penerbit di negara yang bersangkutan ke Frankfurt Book Fair. Selanjutnya, akan ada sejumlah diskusi panjang untuk memastikan apakah prasyarat-prasyarat yang diperlukan sudah tersedia. Misal: adanya industri penerbitan yang tumbuh aktif; adanya dukungan untuk penerjemahan; adanya anggaran dan struktur organisasi yang memadai untuk menyelenggarakan program tersebut di negara yang bersangkutan.

Keputusan akhir perihal siapa yang akan diundang sebagai Guest of Honour berada di tangan Frankfurt Book Fair, sambil berkonsultasi dengan dewan pengawas Asosiasi Penerbit & Pedagang Buku Jerman. Lalu, kolaborasi antara Book Fair dan Guest of Honour dikukuhkan dengan sebuah kontrak, yang biasanya ditandatangani oleh menteri kebudayaan dari negara yang bersangkutan, atau oleh asosiasi penerbit negara itu. Kontrak-kontrak semacam ini umumnya ditandatangani tiga tahun sebelum Guest of Honour-nya tampil.

Bagaimana penampilan sebagai Guest of Honour itu diorganisir dan dibiayai?

Pada dasarnya, konsepsi, organisasi dan pembiayaan tampilnya Guest of Honoursemuanya terserah pada negara yang menjadi Guest of Honour itu sendiri, yang akan membentuk panitia penyelenggara segera setelah kontrak kerjasamanya ditandatangani. Panitia penyelenggara ini bertugas memastikan segala persiapannya, yang dapat memakan waktu selama sekitar dua tahun. Panitia penyelenggara ini kerap kali melekat dengan sebuah kementerian pemerintah (misal, kementerian kebudayaan atau pendidikan) dan asosiasi penerbit nasional. Sekitar setahun sebelum penampilan sebagai Guest of Honour, panitia penyelenggara tersebut akan membuka sebuah kantor di Frankfurt untuk paracontact person lokalnya. Pada saat yang sama, panitia ini menunjuk sebuah agen Humas (public relations) untuk menangani segala urusan pekerjaan yang berhubungan dengan pers dan iklan, dan untuk membuat situs web khusus untukGuest of Honour itu.

Apa peran Frankfurt Book Fair?

Sejak awalnya, Frankfurt Book Fair berdiri di pihak negara Guest of Honour dalam kapasitas sebagai penasihat. Dua anggota “Tim Tamu Kehormatan” (Guest of Honour Team) dari Frankfurt Book Fair akan membantu panitia dari negara tersebut untuk melakukan perencanaan dan implementasinya. Tim ini bertindak sebagai penghubung (interface) antara sang Guest of Honour dengan proyek-proyek lainnya yang ada dalam cakupan Frankfurt Book Fair; dan dengan berbagai lembaga budaya dan mitra kerjasama di Jerman. Selain itu, Frankfurt Book Fair mendukung industri penerbitan negara itu dengan berbagai program dan acara khusus sebagai bagian dari usaha membangun jaringan (networking)-nya dengan industri buku dan media internasional. Frankfurt Book Fair juga menyediakan ruang pameran yang istimewa untuk sang Guest of Honour, yakni kira-kira seluas 2.300 meter persegi untuk menampilkan dirinya – di Lantai 1.

Apa yang Dilakukan Frankfurt Book Fair untuk Sang Guest of Honour?


Selain memberi dukungan intensif kepada Guest of Honour untuk merealisasikan programnya, Frankfurt Book Fair juga menginisiasi dan mengkoordinasikan proyek-proyeknya sendiri. Ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

• Sebuah daftar buku-buku yang baru dirilis serta tinjauan mengenai buku-buku terbitan dari negeri Guest of Honour yang sudah tersedia di negeri-negeri yang berbahasa Jerman.

• The international book exhibition, “Books on …” —Frankfurt Book Fair mengundang penerbit dari seluruh dunia untuk memamerkan judul-judul buku terkini mereka di paviliun Guest of Honour. Pameran sekitar 1.000 buku ini akan mengikutsertakan contoh-contoh literatur dari negeri Guest of Honour yang sekarang sedang diterjemahkan, dan juga buku-buku mengenai negeri yang sedang menjadi Guest of Honour itu.

• Serangkaian acara khusus untuk industri penerbitan dari negara Guest of Honouritu, yang diadakan sebelum berlangsungnya Book Fair.

• Serah-terima Guest Scroll (“Gulungan Tamu Kehormatan”) —Ini adalah acara populer bagi masyarakat luas: sebuah acara literer dan budaya pada hari terakhir Book Fair, ketika Guest of Honour tahun itu menyerahkan Guest Scroll (sebuah benda seni) kepada Guest of Honour tahun berikutnya.

• The readers mug (Mug/cangkir untuk pembaca) —Sebuah cinderamata berupa mug (cangkir besar) yang diproduksi setiap tahunnya untuk negara yang sedang menjadiGuest of Honour, dengan cetakan yang menampilkan kutipan karya sastra beserta logo Guest of Honour.

• The shop window competition (Lomba Dekorasi Jendela Toko) —Sebuah fitur tahunan bagi para penjual buku, yang dapat memperoleh bahan-bahan dekorasi secara gratis dari Book Fair untuk membantu mereka menampilkan literatur Guest of Honour secara menarik. Jendela toko yang paling mengundang perhatian akan memenangkan hadiah menarik.

• The Young Designers Competition (Lomba untuk Desainer Muda) —Acara yang diselenggarakan oleh Frankfurt Book Fair sejak 2006 ini merupakan undangan bagi para mahasiswa untuk mengirimkan karya-karya desain mereka, yang berupa “poster selamat datang” untuk Guest of Honour. Desain-desain yang menang akan digunakan dalam kampanye poster di kota Frankfurt sebelum Book Fair diselenggarakan, dan juga tersedia sebagai kartu pos.

• Calendar of Events (Kalender Acara) —Semua acara yang dipentaskan sebagai bagian dari program Guest of Honour, baik di lokasi pameran maupun di kota Frankfurt, dimasukkan secara gratis dalam versi online maupun cetak dari Calendar of Events Frankfurt Book Fair yang populer.

(ilhmam d.s./dewira/indonesiagoesfranfurt) 


Lihat juga

Loading...