Beranda News Wisata Menikmati Takdir Keindahan Air Terjun Cangkah Kidau

Menikmati Takdir Keindahan Air Terjun Cangkah Kidau

171
BERBAGI
Curup atau air terjun Cangkah Kidau di Kabupaten Waykanan (Foto:Teraslampung.com/Aan Frimadona Roza)

Jika tidak ada kehidupan, hanya ada konsekuensi dan hasil Takdir ada ditangan kita sendiri.– puisi China

Barisan puisi di atas sekejap memberikan pesan yang kuat, karena ab ada makna mendalam yang tersirat. Semisal kita menduga sebuah makna kehidupan pada puisi di atas, tentunya terlalu banyak waktu untuk berdebat tetapi kita resapi dalam sebuah takdir dari Air Terjun atau Curup di Kampung Kedaton, Kecamatan Kasui, Kabupaten Waykanan

Dari Blambangan Umum,ibukota Kabupten Way Kanan, lokasi ini bisa dijangkau denga waktu tempuh sekitar 50 menit. Kalau dari Bandara Radin Inten jaraknya sekitar 340 Km dengan waktu tempuh 6 jam.

Curup Cangkah Kidau memang menyimpan keindahan alam yang dapat diresapi siapa saja penyuka tualang.

Keindahan air terjun tak ubahnya kehidupan kita. Kendati air itu terjatuh berulang kali, tetapi banyak orang yang mengangguminya. Keindahan air terjun dapat terlihat dari seberapa kuat ia terjatuh. Begitupun halnya seperti kita: ketika kita terjatuh dan terlihat lemah, maka keindahan itu akan terlihat tak begitu mempesona. Tapi jika kita terjatuh dengan kuat dan tetap terlihat kuat, maka keindahan itu akan melekat dalam diri kita.

Suasana alam ditengah perkebunan kopi,karet dengan akses yang begitu mudah dijangkau menjadikan air terjun Cangkah Kidau menjadi destinasi pilihan dalam wisata menarik. Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Menikmati keindahan Curup Cangkah Kidau terasa lebih indah jika bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Air yang jatuh dari ketinggian terserak lalu menimbulkan bunyi syahdu. Diselingi suara gesekan dedaunan di sekitar air terjun menambah membuat Air Terjun Cangkah Kidau serupa puisi. Kita bisa menikmati irama puisi dengan berendam di air yang jernih.

Takdir keindahan air terjun Cangkah Kidau di Kampung Kedaton memang belum begitu dikenal. Ia masih seperti surga tersembunyi. Namun, sekali saja kita mencoba menikmati keindahannya niscaya akan ada tarikan kerinduan yang membuat kita ingin kembali mengunjunginya.

Meskipun akses jalan menuju ke tempat ini mudah, tetapi arana dan fasilitas masih sangat sederhana. Ada lahan parkir yang cukup dan gazebo yang disiapkan masyarakat sekitar Kampung Kedaton dengan mengganti jasa seikhlasnya

Menurut warga sekitar, Air Terjun Cangkah Kidau merupakan hasil pertemuan beberapa cabang aliran air yang menyatu di satu titik kemudian mengalir ke hilir yang sama,yakni Air Terjun Cangkah Kidau.****

 

Aan Frimadona Roza, Guru IPS di SMPN 2 Kasui, Kabupaten Waykanan