Beranda News Wisata Menikmati Wisata Mata Air Jernih Umbul Ponggok Klaten

Menikmati Wisata Mata Air Jernih Umbul Ponggok Klaten

9954
BERBAGI
Wisata air Umbul Ponggok (Foto: dok umbulponggok.co.id)

TERASLAMPUNG.COM — Umbul ponggok adalah salah satu pilihan wisata air di daerah Jawa Tengah. Wisata alam ini menyajikan pemandangan mata air yang sangat jernih dan bersih. Objek wisata ini dimanfaatkan sebagai tempat pemandian, wisata alam, berenang dan snorkeling. Kolam umbul ini memiliki ukuran sekitar 70 meter x 40 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter hingga 2,6 meter.

Lokasi

Terletak bersebelahan dengan Provinsi Yogyakarta, Klaten menjadi salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang juga terkenal memiliki banyak wisata candi, salah satunya adalah Candi Prambanan yang tersohor. Selain wisata Candi, Klaten juga terus menggali potensi wisata khususnya wisata alam. Beberapa destinasi wisata alam kekinian yang dibuat adalah Bukit Cinta Bayat Klaten dan Umbul Ponggok Klaten.

Umbul Ponggok ini tepatnya terletak di desa Ponggok. Beralamat di Jl. Delanggu- Polanharjo Ds, Jeblogan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah 57474.

Tadinya Desa Ponggok adalah wilayah desa yang biasa saja, bahkan dapat dikatakan termasuk ke dalam daftar desa dengan pendapatan rendah. Namun kini karena program dana desa dari pemerintah sejak tahun 2015, yang bertujuan untuk meningkatkan dan membangun kesejahteraan masyarakat desa.

Kepala desa menggunakan dana program yang ada untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam sebagai pendapatan baru bagi warga desa. Salah satunya yakni dengan menjadikan Umbul Ponggok sebagai tempat wisata baru. Pengelolaan umbul tersebut berhasil dijalankan dan kini menjadi salah satu objek wisata air yang terkenal di media sosial.

Wisata Umbul Ponggok Klaten

Beraksi di dalam air di Umbul Ponggok (Foto: umbulponggok.co.id)

Wisata air yang dapat dijadikan tempat snorkeling memang sudah banyak di Indonesia dan bahkan sangat popular seperti Labuan Bajo Flores, Gili Trawangan, Pulau Lengkuas Belitung dan masih banyak lagi. Akan tetapi umbul ponggok menawarkan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata air lainnya.

Jika ditempat lain umumnya berada di lokasi perairan yang luas seperti laut atau danau. Umbul Ponggok menawarkan wisata perairan darat yang tidak seluas lautan atau danau, yakni hanya dengan memanfaatkan sumber mata air yang terbentuk secara alami di dasar kolam. Wisata air ini tentunya jauh lebih aman dibandingkan dengan berenang atau snorkeling di lautan lepas yang beresiko terbawa ombak dan lainnya. Meskipun snorkeling di umbul ini jauh lebih aman, namun Anda juga wajib untuk tetap berhati-hati.

Kawasan wisata ini dibuat menjadi area snorkeling, berenang dan wisata underwater photography. Bagi anak-anak kekinian yang senang berburu lokasi foto yang unik dan memamerkan hasil jepretannya, maka umbul ini sangat direkomendasikan. Latar belakang untuk foto-foto dibawah air dirancang menarik untuk para pengunjung.

Wisata Air & Wisata Keluarga Umbul Ponggok

Selain datang bersama teman-teman, Anda juga bisa mengajak saudara, orang tua atau keluarga besar untuk berwisata di umbul ponggok ini. Di dalam kolam dengan airnya yang jernih, terdapat pula berbagai jenis ikan hias yang berwarna-warni. Suasana alam yang sejuk dan masih asri, bisa dinikmati sembari bermain air di dalam kolam.

Bagi Anda yang masih pemula dalam soal menyelam, umbul ini sangat cocok untuk belajar diving dan snorkeling. Bisa juga untuk berenang atau hanya sekedar bermain air. Bagi anak-anak yang juga ikut bermain, disarankan menggunakan pelampung dan alat lain agar tidak tenggelam, tentunya tetap harus diawasi oleh orang dewasa.

Umbul Lokasi Foto Prewedding

Foto: umbul-ponggok.business.site

Airnya yang jernih selain menjadikan lokasi ini sebagai wisata underwater photography. Ternyata juga tidak sedikit yang datang untuk melakukan foto prewedding underwater. Foto prewedding anti mainstream ini dilakukan dengan cara berfoto bersama pasangan di dalam air yang jernih dengan berbagai properti atau perlengkapan foto yang juga tidak biasa.

Dari sinilah, pengelola sengaja menyiapkan paket foto khusus prewedding dengan berbagai macam perlengkapan foto, kostum pasangan, make up artis dan jasa fotografer yang sudah ahli mengambil foto di dalam air. Tertarik untuk melakukan foto prewed disini?

Fasilitas Wisata Umbul Ponggok

Didalam tempat wisata Umbul Ponggok, Anda dapat menemukan fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya ruang ganti, tempat ibadah, penyewaan kamera, paket prewedding, area parkir, dan toilet bersih.

Harga Tiket Masuk

Meskipun sudah terkenal, Umbul Ponggok tetap memberikan biaya masuk yang terhitung murah yakni sekitar Rp. 15.000 per orang sebagai biaya retribusi. Bagi pengunjung yang ingin melakukan snorkeling dapat membawa peralatan sendiri atau bisa juga menyewa peralatan yang disediakan oleh pihak pengelola.

Loading...