Menjambret Tas Wisatawan, 3 Remaja Dibekuk Anggota Lanal Lampung

  • Bagikan
Tiga penjambret tas milik wisatawan asal Baturaja dibekuk anggota Lanal Piabung, Lampung.

TERASLAMPUNG — Anggota Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung membekuk tiga penjambret tas pengunjung pantai di kawasan Padangcermin, Kabupaten Pesawaran, Kamis (5/1/2017).

Komandan Lanal Piabung, Letkol Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si, mengatakan penangkapan tiga pelaku kriminal itu bermula saat Markas Komando Lanal Lampung di Piabung, Padangcermin, mendapat informasi dari Kopka Bah Muhsin bahwa di sekitar Tegalarum, Desa Durian, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran terjadi penjambretan tas milik Fitri Indrayani (29), seorang pengunjung pantai.

“Wisatawan asal Baturaja Barat, Sumatera Selatan itu jadi korban jambret saat dia selesai melakukan snorkling di Pulau Pahawang dan kembali di Pelabuhan Tegalarum,” kata Letkok Kelik Haryadi, Kamis (5/1/2016).

Setelah mandi dan menuju mobil yang diparkir di dekat pelabuhan,  tas  Fitri Indrayani dijambret seorang pria. Pria itu langsung kabur menggunakan sepeda motor ke arah Padangcermin.

Korban mengaku telah kehilangan berupa tas berisi uang Rp 1,4 juta, dua HP merek Samsung, KTP, dan bukti pembayaran STNK.

Kopka Bah Muhsin yang saat itu berada di lokasi meminta bantuan anggota lain yang sedang berjaga Mako Lanal Lampung di Piabung untuk mengecek pengendara yang melintas di depan pos penjagaan.

Dipimpin Peltu Era Abdul Azizmaka, para anggota Lanal Piabung kemudian mencegat para pengendara sepeda motor yang melintas di depan Mako Lanal. Saat melakukan operasi tersebut, petugas mengamankan empat orang yang mengendarai dua sepeda motor Revo dan Mio.

Saat diinterogasi, mereka mengaku telah menjambret tas seorang wanita di dekat Pelabuhan Tegalarum.

Mereka adalah Fitrayasa (22), Ahmad Safii (22), Untung Adi Saputra (18), dan Iwan, Namun, Iwan berhasil kabur. Semua remaja itu berasal dari Desa Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran.

“Petugas kami kemudian  berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor Padangcermin untuk menyerahkan permasalahan penjambretan beserta para pelakunya,” kata Kelik.

  • Bagikan