Beranda News Kesehatan Menkes: IPM dari Tahun ke Tahun Cenderung Meningkat

Menkes: IPM dari Tahun ke Tahun Cenderung Meningkat

184
BERBAGI
Menkes Nila Juwita F Moeloek membuka raker keserhatan di AulaBapelkes Lampung, Senin (15/6/2015)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Menteri Kesehatan RI Prof. Nila F. Moeloek mengatakan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Saat ini Indonesia berada pada peringkat 108 dari 187 negara di dunia dan peringkat 5 di negara ASEAN. Pada tahun 2020-2035 Indonesia akan memiliki puncak jumlah penduduk dengan usia produktif  atau yang disebut bonus demografi.

“Untuk itu kualitas generasi di masa tersebut akan menentukan peluang Indonesia menjadi negara maju. Dengan demikian perbaikan gizi pada anak usia dini menjadi penting untuk menciptakan SDM yang berkualitas agar bonus demografi dapat dimanfaatkan secara optimal,”  kata Menkses ketika pemaparan pada Acara Raker Kesehatan Daerah di Balai Pelatihan Kesehatan Lampung, Senin (15/6).

Menkes menegaskan secara nasional beban penyakit telah berubah selama dua dasawarsa terakhir, dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular. Menurut Menkes, penyakit tidak menular (PTM)  menjadi penyebab utama kematian diindonesia, diestimasikan sekitar 60 % penyebab kematian tersebut.

Menurut Nila, IPM Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Saat ini Indonesia berada pada peringkat 108 dari 187 negara di dunia dan peringkat 5 di negara ASEAN.

“Pada tahun 2020-2035 Indonesia akan memiliki puncak jumlah penduduk dengan usia produktif  atau yang disebut bonus demografi,” katanya.

Loading...