Menpora: Pendidikan Seni Budaya Harus Ada

  • Bagikan

SURABAYA, Teraslampung.com--Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo menegaskan, saat ini pendidikan seni dan budaya memang tidak lagi ada dalam kurikulum pendidikan nasional. Tetapi itu bukan berarti kesenian dan kebudayaan kemudian harus mati. Pendidikan seni budaya tetap harus ada.

“Memang saat ini pendidikan seni dan budaya itu menjadi ekstra kurikuler. Tidak lagi menjadi bagian dari kurikulum pendidikan nasional. Tetapi itu bukan lantas menjadikan kesenian dan kebudayaan kita mati. Pendidikan seni budaya harus tetap ada,” terang Roy Suryo.

Seni dan budaya yang menjadi bagian dari ilmu-ilmu pendidikan sosial, lanjut Roy menjadi sangat penting dan bermakna bagi perkembangan kejiwaaan seseorang. “Di samping sejumlah ilmu-ilmu eksakta yang dipelajari, ilmu-ilmu sosial seperti kesenian dan kebudayaan memberikan keseimbangan,” tegas Roy Suryo pada suarasurabaya.net, Selasa (7/10).

Oleh karena itu, tambah Roy, pendidikan kesenian perlu terus ada dan diberikan kepada para pelajar di sekolah maupun untuk para mahasiswa dikampus-kampus agar mereka sebagai generasi penerus bangsa memiliki keseimbangan dalam cara berpikir dan berwawasan, sekaligus mampu memahami seni dan budaya bangsa sendiri.

(Sumber: kelanakota.suarasurabaya.net)

  • Bagikan