Mentan Janji Tambah Jaringan Irigasi di Lahan Rawa Sragi Awal Tahun Depan

  • Bagikan

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Mentan Andi Amran Sulaiman 

PALAS – Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP bersama Menteri Pertanian (Mentan) RI Dr.Ir.H.Andi Amran Sulaiman,MP dan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, melakukan panen padi dilahan persawahan Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (26/11).
 
Acara panen padi itu, dilaksanakan dalam rangka kegiatan kunjungan kerja (kunker) Mentan RI Andi Amran bersama rombongan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) guna meninjau lokasi lahan irigasi primer di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas yang diajukan pembangunannya oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, belum lama ini.
 
Pada kesempatan itu Mentan RI Andi Amran Sulaiman mengatakan, mudah-mudahan memasuki awal Januari 2015 penambahan jaringan irigasi baru dilokasi sawah rawa sragi sudah bisa kembali dilakukan.
 
“Rawa sragi ini memiliki lahan irigasi seluas 20.000 hektare, dari luas lahan yang ada baru sekitar 7.000 hektare dilakukan pembangunan irigasi baru. Mudah-mudahan memasuki awal tahun 2015, penambahan irigasi baru bisa kembali dilanjutkan,” ujar Andi.
 
Ia pun berpesan, jika sampai dengan awal tahun 2015 pembangunan irigasi di lahan rawa sragi tidak berjalan, maka para petani diminta untuk menghadap langsung ke Kantor Kementerian Pertanian di Jakarta.
“Kalau pembangunan irigasi ini tidak berjalan, silahkan bapak-bapak petani menemui saya di Kantor Kementerian Pertanian. Jangan khawatir, semua biaya transportasi siap saya tanggung,” tegasnya.
 
Sementara Bupati Lamsel Rycko Menoza menuturkan, pemerintah daerah berharap pihak Kementerian Pertanian bisa merealisasikan usulan pembangunan irigasi di lahan sawah bekas rawa sragi di Kecamatan Palas secara keseluruhan.
 
“Mudah-mudahan apa yang disampaikan oleh Menteri Pertanian yang ingin menambah jaringan irigasi baru di lahan sawah bekas rawa sragi pada awal Januari 2015 benar-benar teraliasi. Saat ini kan baru 7.000 hektare yang dibantu, mudah-mudahan tahun depan seluruh lahan sawah rawa sragi sudah memiliki jaringan irigasinya,” katanya.
 
Selain meninjau lokasi irigasi di lahan sawah rawa sragi, pada acara itu juga Mentan RI turut serta menyerahkan bantuan berupa traktor tangan sebanyak 577 unit dan pompa air sebanyak 284 unit kepada kelompok tani Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas.

  • Bagikan