Menteri BUMN Tolak Komentari Tersendatnya Gaji Karyawan PTPN VII

  • Bagikan
Menteri Rini Soemarno.tolak komentar soal tersendatnya gaji karyawan PTPN VII.

TERASLAMPUNG.COM — Menteri BUMN Rini Soemarno menolak berkomentar saat ditanya wartawan tentang gaji karyawan PTPN VII yang dibayar secara bertahap. Pembayaran bertahap itu dilakukan PTPN VII karena perusahaan negara itu sedang mengalami kesulitasn keuangan.

“Saya tak bisa komentar soal itu. Kedatangan kami d isini membahas progres pembangunan tol di Lampung,” kata Rini, Kamis (1/6/2017), usai rapat tentang Tol Lampung di Bandara Radin Inten II, Branti,  Lampung Selatan.

Sesuai jadwal, kehadiran Menteri Rini Soemarno memang untuk meninkai proyek JTTS. Ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil.

Sementara soal gaji para karyawan PTPN VII yang tidak lancar dibayarkan kabarnya sudah berlangsung lama. Banyak karyawan PTPN VII mengeluhkan pembayaran gaji yang selama ini dibayarkan tidak penuh, Itu pun dilakukan secara berahap.

“Gaji yang dibayarkan secara bertahap, secara terus menerus tak full. Kemarin gaji yang seharusnya sebesar Rp2,5 juta, baru dibayarkan Rp1 juta, hingga sekarang sisanya belum ada kejelasan,” kata seorang pegawai PTPN VII.

“Kasian anak-anak saya. Masa perusahaan yang katanya besar tapi gajinya gak sesuai,” imbihnya.

Tersendatnya pembayaran gaji karyawan di perusahaan pelat merah itu diduga karena produksi buah kelapa sawit sangat minim. Banyak kebun sawit hasil peremajaan yang belum berproduksi. Begitu juga kebun karet.

Kepala Humas PTPN 7, Sopian, membantah bila perusahaannya telat membayar gaji ribuan karyawan PTPN 7.

Menurut Sopian, gaji karyawan PTPN 7 yang tersebar di unit usaha sudah dibayar pada  30 April 2017.

“Tidak benar kalau belum dibayar. Per 30 April kemarin sudah dibayar lunas. Namun untuk bulan Mei ini memang belum dibayarkan,” ujarnya, Kamis (1/6/2017).

Sopian mengakui akhir-akhir ini gaji karyawan di perusahaan plat merah itu tersendat. Namun,  dirinya menolak menjelaskan alasan gaji karyawan tidaklancar dibayar.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page