Beranda News Pusiban Menteri Kesehatan Nila F Moeloek Resmikan Fasilitas Kesehatan RSU Abdoel Moeloek

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek Resmikan Fasilitas Kesehatan RSU Abdoel Moeloek

483
BERBAGI
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Gubernur Ridho Ficardo menandatangani prasasti peresmian sejumlah fasilitas RSU Abdoel Moeloek, Sabtu (25/2/2017).

TERASLAMPUNG.COM — Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek, Sp, M (K) meresmikan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Abdoel Moeloek (RSUAM), Sabtu (25/2/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung Monumen dr. H. Abdoel Moeloek.

Hadir dalam acara tersebut Menkes RI Nila Djuwita, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Kadis Kominfo Achmad Chrisna Putra, Asisten III Pemprov Lampung Hamartoni Al hadits, Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, Fokorpimda Provinsi Lampung.

Monumen dr. H. Abdoel Moeloek dibangun sebagai bentuk penghargaan terhadap dedikasi dan jasa Abdoel Moeloek bagi masyarakat Lampung karena pengabdiannya di bidang kesehatan.

Monumen ini dibangun dengan dana DAU dari APBD dan APBN sekitar Rp 400 juta.

Menkes Nila Djuwita didampingi Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meresmikan fasilitas kesehatan yakni gedung administrasi, gedung kebidanan dan penyakit kandungan, gedung bedah central dan instalasi intensif terpadu, instalasi intensif terpadu (ICU, ICCU, NICU), gedung laboratorium klinik dan gedung THT.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meminta agar RSUAM menjadi rumah sakit terbaik di Provinsi Lampung.

“Bukan hanya secara formal saja menjadi yang terbaik tetapi ketika disurvey masyarakat terbaik dengan segala perlengkapan fasilitas dan pelayanan maksimal,” katanya.

Gubernur mengatakan RSUAM benteng kesehatan terakhir Provinsi Lampung. “Saya tidak ingin kesan  rumah sakit negeri yang kumuh dan pelayanan yang lambat. Saya meminta agar rumah sakit pemerintah tidak boleh kalah dari rumah sakit swasta.”

Sementara itu, Dirut RSUAM dr. Heri Joko Subandrio mengatakan pembangunan fasilitas kesehatan dan monumen bersumber dari DAU APBD dan APBN.

“Semua fasilitas kesehatan yang diresmikan dalam rangka upaya untuk pelayanan maksimal bidang kesehatan masyarakat Lampung, ” katanya.

RS Abdoel Moeloek memiliki jejak sejarah panjang. Nama Abdoel Moeloek yang melekat pada rumah sakit pelat merah milik Pemprov Lampung itu diterakan sebagai penghargaan pemerintah kepada dr. Abdoel Moeloek, perintis rumah sakit tersebut pasca-penjajahan Jepang.

Abdoel Moloeloek adalah dokter pejuang kelahiran Padang Panjang, 10 Maret 1905. Pendidikan kedokteran diselesaikannya di STOVIA/GH, Jakarta, 1932.

Ia pernah mengabdikan diri sebagai Kepala RS Bangkinang (1935)., RS Kariadi, Semarang (1937),  dan di Krui, Liwa (1940–1945).

Pada 1945 dr. Abdoel Moeloek mengambil alih RS Tanjungkarang dan RS Tentara Tanjungkarang dari tangan Jepang sekaligus menjadi kepala di dua rumah sakit tersebut.

Suami Hj. Poeti Alam Naisjah itu dikaruniai dua putra dan dua putri. Salah satu putranya menjadi tokoh nasional dan Menteri Kesehatan, yakni Prof. Dr. Faried Anfasa Moeloek (suami Menkes saat ini, Prof. Dr. Nila F. Moeloek).

Abdoel Moeloek wafat pada 1973 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tanjungkarang, Bandarlampung.

Mas Alina Arifin