Meriah, Perayaan 10 Tahun Institut Konfusius Unniversitas Negeri Malang

  • Bagikan
Pembacaan puisi Mandarin di UNM, Minggu (28/9).

MALANG, Teraslampung.com–Perayaan puncak peringatan 10 tahun berdirinya Institut Konfusius di Universitas Negeri Malang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang berlangsung sejak 27- 28 September 2014 di aula lantai 2 Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Menurut Qin Xiaohe, Direktur Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang,  berbagai pertunjukan akan memeriahkan perayaan 10 tahun berdirinya Institut Konfusius di antara nya pembacaan puisi,pertunjukan kebudayaan,opera pendek,tenun simpul Tiongkok, kesenian gunting kertas Tiongkok,lukisan minyak opera Beijing,

“Perayaan Institut Konfusius di Malang sengaja dilakukan sangat meriah mengingat kegiatan tersebut akan dihadiri perwakilan kedutaan tiongkok dan komunitas perkumpulan tiongkok di Malang”.

Qin Xiaohe mengatakan, Institut Konfusius diperkenalkan tanggal 21 November 2004 di Seuol Korea Selatan. “Kini sudah 123 negara yang telah mendirikan 465 Institut Konfusius dan terdaftar 850 ribu murid diseluruh dunia. Institut Konfusius merupakan pusat belajar bahasa mandarin,memahami tiongkok serta memajukan hubungan pertukaran budaya antara tiongkok dengan negara lain,” kata Qin Xiaohe.

Di Malang Kerjasama antara Keguruan Guangxi dan Universitas Negeri Malang membentuk satu dari enam Institut Konfusius yang ada di Indonesia pada 14 Maret 2011 silam. Selama tiga tahun berdirinya di Malang Institut Konfusius telah memberikan kontribusi yang positif,

“Hubungan yang baik selama ini dalam pengembangan kebudayaan pendidikan antara Indonesia dan Tiongkok dalam hal pengajaran bahasa mandarin banyak mendapatkan respon yang baik dan apresiasi tinggi di kota Malang”,papar Qin Xiaohe di sela-sela kegiatan Institut Konfisius Day.

Aan Frimadona Rosa

  • Bagikan