Beranda Views Opini Mewaspadai Cuaca Buruk di Lampung

Mewaspadai Cuaca Buruk di Lampung

241
BERBAGI

Oleh : Ramadhan Nurpambudi*

Memasuki akhir bulan Oktober kondisi cuaca di wilayah Lampung terutama di wilayah Pesisir Barat dan sekitarnya sudah terjadi hujan hampir setiap hari. Prakiraan musim hujan untuk wilayah Lampung sendiri diprediksi mulai terjadi pada pertengahan bulan Oktober dan sebagian besar lainnya pada akhir Oktober hingga awal November. Kondisi ini sering dikatakan musim peralihan dimana awan konvektif penyebab hujan lebat bisa terbentuk secara tiba-tiba diiringin dengan adanya guntur namun dalam waktu yang relatif singkat.

Hasil analisa kondisi atmosfer terkini untuk wilayah Lampung semakin mengarah kepada musim penghujan. Kelembaban udara di lapisan atas cenderung sudah lembab terutama di wilayah Lampung bagian Pesisir Barat, inilah mengapa di wilayah tersebut hujan sudah hampir terjadi setiap hari meskipun dengan intensitas yang rendah – sedang.

Puncak musim hujan untuk wilayah Lampung diprediksi terjadi pada bulan Desember, Januari, sampai awal Februari. Masih ada waktu sebulan lebih untuk mempersiapkan datangnya musim hujan. Hal-hal yang perlu diantisipasi jika datangnya musim hujan bisa berdampak terjadi banjir, pohon tumbang, konslet aliran listrik dan sebagainya. Pencegahannya yang pertama bisa dilakukan pembersihan saluran drainase agar air bisa mengalir dengan lancar, merapikan pohon-pohon yang sudah tua umurnya, dan mengecek kembali arus kelistrikan di rumah.

Musim peralihan seperti sekarang ini cuaca cenderung sulit untuk diprediksi karena kondisi atmosfer yang bisa berubah dengan cepat. Kondisi cerah tiba-tiba dalam waktu kurang dari 1 jam bisa menjadi gelap gulita disertai dengan adanya kilat dan guntur. Untuk meminimalkan kerugian panen teman-teman petani bisa mengkondisikan dengan informasi yang telah kami siapkan terkait prediksi datangngnya musim hujan dan juga puncaknya yaitu pada akhir tahun sampai awal bulan Februari.

Untuk wilayah di Pesisir Barat Lampung bencana seperti tanah longsor yang terjadi hampir setiap tahun harus menjadi perhatian lebih kepada warga disekitar dan juga instansi terkait agar kedepannya bencana tanah longsor bisa ditekan. Salah satu caranya dengan tidak banyak melakukan penebangan liar sebab pohon menjadi penahan pergerakan tanah jika terjadi kejadian tanah longsor.

Mengantisipasi kondisi cuaca jangka pendek kami akan selalu memberikan informasi terkait peringatan dini jika terjadi potensi cuaca buruk. Informasi peringatan dini akan diperbaharui setiap 2 jam sekali selama cuaca buruk itu terjadi sampai diprediksi membaik. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui website resmi www.stametlampung.com dan juga akun facebook kami (infocuaca Bmkg Lampung).

*Prakirawan Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung