Beranda Ruwa Jurai Tulangbawang Miliki Senpi Rakitan dan Amunisi, Warga Rawajitu Timur Digelandang Polisi

Miliki Senpi Rakitan dan Amunisi, Warga Rawajitu Timur Digelandang Polisi

194
BERBAGI
YS (17), warga Kampung Bumi Dipasena Agung, Rawajitu Timur yang memiliki dan menyimpan senjata api rakitan beserta amunisi secara ilegal ditangkap Petugas Satreskrim Polres Tulangbawang (Foto Humas Polres Tuba)
YS (17), warga Kampung Bumi Dipasena Agung, Rawajitu Timur yang memiliki dan menyimpan senjata api rakitan beserta amunisi secara ilegal ditangkap Petugas Satreskrim Polres Tulangbawang (Foto Humas Polres Tuba)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

TULANGBAWANG — Petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Tulangbawang (Tuba) bersama Polsek Rawa Jitu Selatan, meringkus YS (17), warga Kampung Bumi Dipasena Agung, Rawajitu Timur yang memiliki dan menyimpan senjata api rakitan beserta amunisi secara ilegal, Rabu 16 Mei 2018 sekitar pukul 04.00 WIB.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres tulangbawang, AKP Zainul Fachry mengatakan, petugas menangkap pelaku YS di rumahnya di Kampung Bumi Dipasena Agung, Rawajitu Timur, pada Rabu 16 Mei 2018 sekira pukul 04.00 WIB.

“Subuh tadi pelaku kami tangkap di rumahnya, saat dtangkap pelaku tidak melakukan perlawan,”ujarnya, Rabu 16 Mei 2018.

AKP Zainul Fachry mengungkapkan, penangkapan terhadap tersangka YS tersebut, bermula dari adanya informasi dari masyarakat kepada petugas yang menyatakan, adanya seorang pemuda yang pernah tertembak kakinya dengan senjata api rakitan yang dimilikinya sendiri. Berbekal informasi itu, pihaknya langsung melakukan penyeleidikan untuk memastikan kebenarannya.

Barang bukti senjata api rakitan dan amunisi milik YS yang disita polisi.

“Dalam penyelidikan itu, kami bertemu dengan pemuda yang ciri-cirinya disebutkan oleh warga yang memberikan informasi tersebut. Pemuda itu diketahui berinisial YS, saat itu juga kami langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan di rumahnya,”ungkapnya.

Dari penggeledahan itu, kata mantan Kasat Reskrim Polres Mesuji ini, ditemukan satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver berwarna silver dan lima butir amunisi aktif kaliber 5,56 mm. Selanjutnya, pelaku dan barang bukti dibawa ke Mapolres Tulangbawang.

“Barang bukti senpi dan amunisi ilegal itu, disimpan pelaku YS di dalam perahu yang ada di belakang rumahnya,”terangnya.

Dikatakannya, saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan guna pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut. Akibat perbuatannya itu, pelaku dijerat Pasal 1 ayat (1) UU darurat No. 12 Tahun 1951 tentang larangan kepemilikan senjata api dan amunisi secara ilegal, dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 20 tahun.