Misa Natal di Bandarlampung: Gubernur, Kapolda, dan Walikota Sambangi Beberapa Gereja

  • Bagikan
Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno, Gubernur Ridho Ficardo, dan Walikota Bandarlampung Herman mengunjungi Gereja Katedral Kristus Raja di Jl Kotaraja, Tanjungkarang Pusat, Sabtu malam (24/12/2016).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Rombongan Gubernur Lampung Ridho Ficardo bersama Kapolda Lampung, Irjen Pol Sudjarno, dan Walikota Bandarlampung Herman HN mengunjungi beberapa gereja yang ada di Bandarlampung pada perayaan malam Misa Natal, Sabtu (24/12/2016) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Mereka menyambangi gereja untuk mengetahui kondisi dan situasi yang ada di lapangan mengenai kesiapan pengamanan yang dilakukan para anggota Polri dan TNI serta instansi terkait lainnya dalam gelar Operasi Lilin Krakatau 2016.

Pantauan teraslampung.com, selain Gubernur Lampung, Kapolda Lampung dan Walikota Bandarlampung, tampak hadir juga Danrem 043 Gatam, Kolonel Kav Supriyatna, Danbrigif 3 Marinir Kolonel Mar Hermanto, Kapolresta Bandarlampung, AKBP Murbani Budi Pitono, para pejabat utama Polda Lampung, dan unsur Forkopimda lainnya.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih, mengatakan pada malam Misa Natal ini rombongan Kapolda, Gubernur, dan Walikota Bandarlampung memantau beberapa gereja yang ada di Bandarlampung. Pengecekan ini dilakukan, memastikan kondisi dan situasi pengamanan di tempat ibadah umat kristiani benar-benar siap dan aman.

“Pak Kapolda Lampung bersama Gubernur Lampung dan rombongan unsur Forkopimda Lampung melakukan kunjungan untuk melihat kesiapan pengamanan personel yang bertugas. Termasuk umat kristiani yang sedang menjalani ibadah, di beberapa gereja yang ada di Bandarlampung,”ujar Sulis saat ditemuai di Gereja Katedral Kristus Raja, Sabtu (24/12/2016) malam.

Beberapa gereja yang dikunjungi rombongan Kapolda antara lain Gereja Katedral Kristus Raja di Jalam Kotaraja, Tanjungkarang Pusat; Gereja GPIB Manturia di Jalan Imam Bonjol, Tanjungkarang Pusat; Gereja Santo Yohanes Rosul di Jalan Tupai, Gang Bhakti, Kedaton; Gereja Bethel di Jalan Laksamana Malahayati, Telukbetung; Gereja Ratu Damai di Telukbetung Selatan, dan Gereja Tri Tunggal di Jalan WR Supratman, Telukbetung Selatan.

“Dari beberapa gereja tersebut, yang menjadi pusat pengamanan ketat adalah Gereja Katedral Kristus Raja dan Gereja GPIB Marturia. Sebab dua Gereja itu, tepat berada di titik pusat keramaian kota,” kata Sulis.

Dua gereja tersebut memang kapasitasnya lebih besar. Kedua gereja tersebut bisa menampung ribuan jemaat yang melakukan Misa Natal. Makanya, kata Sulis,  kedua gereja tersebut menjadi perhatian pihak aparat Polri-TNI untuk dapat memberikan pengamanan dengan baik dan maksimal.

“Semua pengamanan sudah disiapkan dengan matang personel gabungan baik dari Polri-TNI, Instansi terkait lainnya dan Ormas. Selain itu juga, keamanan dilakukan dari pihak Pengamanan Dalam (Pamdal) Gereja,” katanya.

Menurutnya, pengecekan tersebut merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahunnya. Karena kegiatan tersebut, merupakan bagian dari Operasi Lilin Karakatau 2016 dalam pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

  • Bagikan