Misi Garuda Muda Taklukkan Serigala Putih

  • Bagikan

Preview Piala Asia U-19: Indonesia Vs Uzbekistan

Timnas U-19 siap meladeni Uzbekistan

Lawan berat sudah harus dihadapi Garuda Muda pada duel perdana Piala Asia U-19, Jumat (10/10). Ivan Dimas dkk bersua salah satu tim unggulan, Uzbekistan. Tim besutan Ravshan Khaydarov ini menempati pot satu dalam pengundian babak fase grup.

Uzbekistan lebih diunggulkan karena memiliki sejarah lebih mengkilap dibanding indonesia. Meski sempat absen pada 2006,Serigala Putih selalu lolos dari babal fase grup. Prestasi terbaik mereka adalah mencapai babak final pada 2008, di mana Uni Emirat Arab yang jadi juara lewat keunggulan 2-1.

Uzbekistan bahkan sudah mencatatkan torehan mengesankan dengan tiga kali lolos ke Piala Dunia U-20, yakni pada 2002, 2008, dan 2012, lewat jalur empat besar Piala Asia U-19. Performa mereka di Piala Dunia U-20 pada 2013 juga impresif, dengan melenggang ke babak perempat-final, sebelum dikalahkan tim yang akhirnya jadi juara turnamen, Prancis.

Meski begitu, tetap memiliki peluang untuk meraup poin penuh jika mengacu pada penampilan sebelumnya yang pernah menundukkan tim kuat Korea Selatan.

Satu hari menjelang laga, Garuda Muda terus berlatih guna mempersiapkan diri menghadapi Uzbekistan di Stadion Youth Training Centre, Yangon, 10 Oktober nanti.

Melahap beberapa menu latihan ringan. “Latihan biasa seperti sebelumnya cuma game setengah lapangan tanpa kiper. Aliran bola cepat. Pemain yang tidak megang bola diminta untuk melakukan pressing,” ujar Indra, usai memimpin dua jam latihan timnya di Stadion Thuwunna, Yangon.

Selain itu, Indra menegaskan timnya sudah siap untuk menghadapi laga perdana itu. Namun, pelatih berusia 51 tahun itu enggan berbicara mengenai taktik yang akan digunakan timnya pada laga nanti. “Saya juga gak akan menilai mereka. Kita lihat saja nanti, yang jelas kami sudah sangat siap untuk perang besok,” tuturnya.

Seperti diketahui, Ivan Dimas dkk pada ajang ini ditargetkan minimal menembus babak empat besar, sehingga mendapatkan tiket otomatis ke Piala Dunia U-20 2015.

Selamat berjuang Garuda Muda, berikan yang terbaik untuk bangsamu. Semoga hasilnya bisa menjadi secercah kebahagiaan, jadi oase nasib dan kondisi bangsa yang kian carut marut ini.

Doa kami bersamamu.

Jadwal Siaran televisi (RCTI)

Jumat, 10 Oktober
16:00 Uzbekistan U-19 vs Indonesia U-19

Minggu, 12 Oktober
16:00 Indonesia U-19 vs Australia U-19

Selasa, 14 Oktober
19:00 Uni Emirat Arab U-19 vs Indonesia U-19

  • Bagikan