Beranda Pendidikan Mizuiku Squad, Cara Suntory Ajak Anak SD Jadi Pahlawan Lingkungan

Mizuiku Squad, Cara Suntory Ajak Anak SD Jadi Pahlawan Lingkungan

113
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Memperingati hari anak sedunia, Suntory Garuda Beverage (SGB) memberikan apresiasi kepada lebih dari 200 anak-anak dari 18 Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia yang telah secara aktif berpartisipasi dalam gerakan pelestarian lingkungan. Anak-anak tersebut disebut sebagai Mizuiku Squad, pahlawan pelestarian lingkungan di sekolah mereka masing-masing.

Dalam program Mizuiku Squad, para murid SD tersebut membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 – 4 anggota dan mereka bekerja sama mempresentasikan cara melestarikan lingkungan sesuai salah satu dari tiga topik yang disediakan, yaitu 1)mencegah pencemaran air, 2)pentingnya menanam pohon dan 3)memilah sampah organik dan anorganik.

Anak-anak juga berbagi pengalaman praktis mengenai upaya pelestarian air yang dapat dilakukan di lingkungan rumah dan sekolah. Melalui Mizuiku Squad, anak-anak tidak hanya belajar tentang pelestarian lingkungan, namun juga komunikasi dan kolaborasi yang sangat penting di era Digital.

“Bersamaan dengan perayaan Hari Anak Sedunia yang bertemakan Investing in our future means investing in our children’ pada hari ini, dengan bangga kami memperkenalkan anak-anak Indonesia yang mengikuti program Mizuiku Squad sebagai pahlawan dalam upaya pelestarian lingkungan. Kami terus memberi kesempatan belajar, semangat dan motivasi sekaligus ruang untuk melakukan usaha-usaha pelestarian lingkungan kepada anak-anak ini agar pola pikir dan kebiasaan hidup yang sangat sadar lingkungan benar-benar terpatri dalam benak mereka,” kata Evelyn Indriani, Head of Corporate Relation and Communications, Suntory Garuda Beverage, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya, kolaborasi Mizuiku Squad akan dikembangkan selaras dengan Program Kader Adiwiyata Mizuiku dengan inisiatif nyata anak-anak untuk melestarikan air di lingkungan sekolah melalui gerakan penanaman pohon, kampanye penghematan air kepada teman-temannya, dan role model dalam pemilahan sampah untuk menjaga air tetap bersih.

“Hal ini tentunya membutuhkan dukungan dan peran aktif juga dari guru dan warga sekolah, termasuk orang tua siswa,” kata dia.

Program-program Mizuiku akan terus dikembangkan dalam beberapa bulan mendatang, diantaranya melalui aktivitas kompetisi mengajar dan kompetisi menulis bagi guru, lomba menggambar poster bagi peserta didik, kelas Mizuiku yang menampilkan presentasi secara kolaborasi oleh kader Adiwiyata di jenjang kelas 5 SD serta inovasi konservasi air di sekolah binaan Mizuiku

Berjalan simultan dengan program edukasi, Mizuiku juga memberikan akses air bersih dan sanitasi, konservasi air melalui panen air hujan, biopori, penghijauan serta pengelolaan sampah plastik, kepada sekolah dan komunitas di lokasi produksi Perusahaan. Hal ini merupakan wujud nyata dukungan Mizuiku bagi Indonesia yang lebih bersih dan hijau, sehingga kita bersama dapat mewariskan lingkungan dan air bersih kepada generasi berikutnya.

SGB berbagi misi korporasi yang sama dengan perusahaan induknya, Suntory, yaitu: “to Create Harmony with People and Nature” serta semangat pendiri Suntory: “Giving back to Society” sebagai misi besar perusahaan untuk mewariskan segala hal yang baik bagi generasi kita selanjutnya.

“Bangga menjadi bagian dari Suntory Group, SGB menekankan pentingnya keberlanjutan air bersih. Bukan saja karena air merupakan inti bisnis perusahaan tapi air juga merupakan sumber daya paling berharga untuk mendukung kehidupan manusia,” kata Evelyn.