Beranda Teras Berita MK: Pembukaan Kotak Suara oleh KPU Sah

MK: Pembukaan Kotak Suara oleh KPU Sah

181
BERBAGI
Sidang sengketa Pilpres di MK. (dok/Ist)

JAKARTA, Teraslampung.com – Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan, pembukaan kotak suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengumpulkan bukti untuk persidangan sengketa hasil Pilpres 2014 sah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Perolehan bukti dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan karenanya bukti itu sah dan sesuai aturan,” kata Hakim Konstitusi, Anwar Usman, saat membacakan pertimbangan hukum putusan sengketa hasil pilpres dalam persidangan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (21/8).

Menurut Mahkamah, sejatinya pembukaan kotak oleh KPU sebelum surat ketetapan MK dapat dikategorikan sebagai pelanggaran. Namun, pembukaan bukti dilakukan dengan transparan dan mengundang semua saksi dan juga polisi, sehingga pelanggaran itu bisa diindahkan.

Berdasarkan pertimbangan itu, Mahkamah menyatakan termohon dapat secara bebas membuka kotak suara. Meski Termohon secara hukum berkewajiban menyimpan kotak suara, namun dalam membuka kotak telah mengindahkan norma-norma.

MK mempersilakan pemohon (Prabowo-Hatta) melakukan langkah hukum lain, jika menyangka pembukaan kotak suara itu tak terkait dengan persidangan.

“Apabila pelanggaran itu bersifat etik, maka lembaga yang berwenang adalah DKPP. Apabila ada perubahan dokumen di dalam kotak, maka itu ranah pidana,” kata Anwar.

Loading...