Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Mobil Kas Keliling Dongkrak Pembayaran PBB di Bandarlampung Hingg 85 Persen

Mobil Kas Keliling Dongkrak Pembayaran PBB di Bandarlampung Hingg 85 Persen

103
BERBAGI
Kepala Cabang Utama Bank Lampung, Muhammad Riza
Kepala Cabang Utama Bank Lampung, Muhammad Riza

TERASLAMPUNG.COM — Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) oleh warga sejak adanya mobil kas keliling milik Bank Lampung yang siaga di 20 kecamatan mengalami peningkatan hingga 85 persen.

“Sejak diluncurkan dua bulan yang lalu mobil kas keliling kami kepatuhan warga untuk membayar PBB mengalami peningkatan yang signifikan. Kalau besarannya biar BPPRD ya yang menjelaskan tapi yang pasti menurut teman-teman yang di lapangan mereka sampe capek,” jelas Kepala Cabang Utama (KCU) Bank Lampung Muhammad Riza, Rabu 28 Agustus 2019.

Bank Lampung yang salah satu pemilik sahamnya adalah Pemkot Bandarlampung untuk itu, kata M. Riza memiliki ikatan emosional oleh sebab itu pihaknya membantu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemkot dari sektor PBB dan BPHTB.

“Upaya kami untuk membantu mebingkatkan PAD adalah melayani pembayaran PBB secara online, warga bisa membayar PBB nya di Bank Lampung terdekat. Bisa juga ke kas keliling kami yang siaga di 20 kecamatan ini terjadwal dari hari Senin – Jumat,” jelasnya.

Selain kas keliling, KCU Bank Lampung juga berencana untuk pembayaran PBB bisa melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan di mini market.

“Ke depan kita upayakan pembayaran PBB bisa melalui ATM bisa juga melalui mini market. Sedangkan mobil kas keliling, jika animo masyarakat meningkat bisa juga kita tambah armadanya,” jelasnya.

“Selama ini kami dalam satu hari melayani di dua kecamatan. Pagi hingga siang di kecamatan Telukbetung Utara misalnya, selanjutnya siang hingga sore siaga di Kacamatan Telukbetung Selatan,” katanya.

Mobil kas Keliling milik Bank Lampung itu kata M. Riza tidak hanya melayani pembayaran PBB saja tapi melayani semua transaksi perbankan.

“Di mobil itu ada ATM, masyarakat juga bisa setor dan tarik tunai. Kami juga hadir jika pemkot mengelar event seperti Bandarlampung fair kami siapkan mobil kas keliling,” jelas M. Riza.

Di tempat yang terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Bandarlampung Yanwardi menjelaskan selama bulan Agustus pendapatan dari PBB mencapai Rp5,5 milyar lebih.

“Dari tanggal 1 hingga 28 Agustus 2019 pendapatan dari sektor PBB melalui kas keliling Bank Lampung angkanya Rp 5.515.583.454 atau peningkatannya mencapai 85 persen,” jelas Yanwardi.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk taat membayar PBB sebab menurutnya dana-dananya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat Bandarlampung.

“Kami berupaya memudahkan warga untuk membayar PBB menyiapkan kas keliling dan ke depan bayar PBB juga bisa menggunakan gopay. Pembangunan, pendidikan dan kesehatan gratis salah satu sumber pembiayaannya dari PAD sektor PBB untuk itu saya mengajak masyarakat agar membayar PBB nya tepat waktu,” ungkapnya.

Dandy Ibrahim

Loading...